Daftar 10 Kiper Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Kiper merupakan sosok pemain sentral dan penting di sepakbola dalam menghalau serangan musuh. tugas kiper sangat berat karena merupakan benteng pertahanan terakhir sebuah tim sepakbola. seorang kiper yang baik dan berkualitas dituntut memiliki skill, penguasaan lapangan dan reflex yang cepat juga baik. tentu sangat jarang kiper yang memiliki semua kemampuan tersebut dan mengaplikasikannya dengan baik di lapangan.

Sebelum lanjut baca juga : Klub sepakbola terkaya di dunia.

Nah, dari banyak kiper/penjaga gawang di seluruh dunia. beberapa kiper diantaranya bermain layaknya seorang penjaga gawang biasa. namun daftar dibawah ini merupakan daftar kiper kiper terbaik di dunia. mereka yang masuk dalam top 10 besar di bawah ini selain kehebatannya sudah diakui dunia. beberapa dari mereka juga telah mengantar negara mereka masing masing meraih gelar juara piala dunia. trofi dan penghargaan individu sebagai kiper terbaik pun sering mereka sandang. nah penasaran simak daftarnya dibawah ini . . .

Daftar 10 Kiper Terbaik di Dunia Sepanjang Masa :

1. Lev Yashin (Uni Soviet/Russia)


Kiper Terbaik di Dunia

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar nama ini, karena pemain ini pun sudah meninggal. Ia memiliki refleks yang bagus dan cepat saat menepis bola. Selama berkarir dalam sepak bola, dia juga banyak memenangkan piala. Ia juga telah menepis lebih dari 150 tendangan penalti. Namun, pada tahun 1986 ia mengalami hal yang tragis. Cedera lutut kaki kanannya yang sangat parah, membuat dokter terpaksa mengamputasi kakinya dan empat tahun kemudian ia meninggal setelah mengalami komplikasi dalam pembedahan


2. Gianluigi Buffon (Italia)

Kiper Terbaik di Dunia

Baru-baru ini, Gianluigi Buffon dinobatkan sebagai kiper terbaik abad 21 oleh IFFHS. Tak salah mengingat kemampuan Buffon sebagai kiper yang tidak terbantahkan lagi. Ia sempat dijuluki Superman karena kebiasaannya 'terbang' menghalau serangan-serangan lawan. Buffon juga berhasil mengantar Italia menjuarai Piala Dunia 2006 dengan hanya kebobolan 2 gol sepanjang turnamen yang hanya berasal dari tendangan penalti Zidane dan gol bunuh diri rekan setimnya, Zaccardo. Buffon juga merupakan kiper termahal dunia. Ia dibeli Juventus dari Parma dengan kisaran harga sekitar 47 juta euro meski saat itu usianya masih sangat muda, yaitu 23 tahun.

3. Dino Zoff (Italia)

Kiper Terbaik di Dunia

Dino Zoff adalah salah satu legenda Italia dan Juventus. Ia juga merupakan salah satu kiper yang masih bermain pada saat usia 41 tahun untuk tim nasional dan clubnya. Ia pun telah mepersembahkan 6 gelar Serie A kepada Juventus dan 1 piala dunia kepada tim nasional italia.

4. Gordon Banks (Inggris)

Daftar 10 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Gordon Banks adalah kiper paling hebat sepanjang masa versi Soccer Blog. Ia membuktikan dengan kemampuannya yang sungguh hebat dengan bakat yang luar biasa. Ia pernah menepis sundulan Pele pada piala dunia 1970 yang sudah 90% hampir masuk. Itu dinobatkan sebagai penyelamatan terhebat sepanjang masa dan Pele sendiri mengakuinya.

5. Sepp Maier (Jerman)

Daftar 10 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Menjadi bagian dari generasi emas dari Bayern Muenchen dan timnas Jerman saat menguasai Eropa dan Dunia di awal 70'-an. Orang mungkin akan lebih ingat dengan aksi spektakuler Franz Beckenbauer atau Gerd Mueller, namun jangan lupakan juga peranSepp Maier. Ia turut mempersembahkan gelar Liga Champions 3 kali berturut-turut bagi Bayern Muenchen pada periode 1972-1974. Maier juga menjadi kiper nomor satu Jerman saat meraih gelar Piala Eropa 1972, dan Piala Dunia 1974.

6. Peter Schmeichel (Denmark)

Daftar 10 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Peter Schmeichel merupakan kiper terhebat karena karirnya yang sukses dan kemampuannya yang fantastis. Dengan badan tinggi besar, ia membawa Manchester United meraih treble winner pada musim 1997-1998 dan membawa Denmark juara Piala Eropa 1992. Ia pun juga telah mendapat predikat kiper terbaik dunia empat kali pada tahun 1992, 1993, 1997, 1999.

7. Iker Casillas

Kiper Terbaik di Dunia

Salah satu kiper terbaik dunia saat ini. Iker Casillas yang merupakan jebolan akademi Real Madrid langsung mencuri perhatian saat menjadi kiper termuda yang tampil di Final Liga Champions saat Madrid mengalahkan Valencia di Final Liga Champions 2000. Kemudian, Casillas menjadi andalan terakhir Real Madrid dan timnas Spanyol di bawah mistar. Generasi emas Spanyol periode 2008-2012 juga memampang nama Casillas sebagai kapten pertama yang meraih 3 major trophy berturut-turut, yaitu Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012.

8. José Luis Chilavert (Paraguay)

Kiper Terbaik di Dunia

José Luis Chilavert mungkin adalah kiper profesional yang paling sering membuat gol. Terbukti dengan 67 gol yang sudah dibuatnya selama berkarir menjadi kiper. Pada tahun 1999, ia memecahkan sejarah dengan mencetak hat-trick pertama yang dilakukan oleh kiper. Dia juga telah mendapat gelar kiper terbaik tahhun 1995, 1997, dan 1998.

9. Van Der Sar (Belanda)

Daftar 10 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Van Der Sar memang salah satu kiper terhebat sepanjang masa. Ia masih bermain sampai umur 40 tahun (musim 2010-2011) untuk membela Manchester Uited. Bersama Paul Scholes dan Ryan Giggsyang sama-sama sudah tua, mengantarkan MU menjuarai berbagai gelar. Ia menjaga gawangnya dengan tubuh yang tinggi dan tangannya yang panjang.


10. Claudio Taffarel (Brazil)



Claudio Taffarel disebut sebut sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa karena banyak gelar yang dipersembahkannya kepada tim nasional Brazil. Dengan membawa Brazil menang piala dunia 1994 dan membawa Brazil ke final pada 1998 (walaupun kalah 3-0 oleh Prancis di final) serta ia juga mengantarkan Brazil juara Copa America pada tahun 1989 dan 1997. Selain itu dia juga memiliki skill yang berkualitas sebagai kiper.


Nah, itu tadi sekilas info mengenai daftar kiper terbaik di dunia sepanjang masa. mereka merupakan kiper atau penjaga gawang yang kehebatannya sudah diakui dunia. semua yang ada dalam daftar diatas akan selalu dikenang dalam sejarah karena kemampuannya mengamankan gawang dari serangan musuh. so sekian dan terima kasih.


5 komentar:

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status