Pentingnya Ilmu Agama Dalam Kehidupan Seorang Muslim

Terkadang kita sebagai seorang muslim seolah hanya mengakui bahwa Allah SWT merupakan tuhan semesta alam dan nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah. kita sebagai seorang muslim bahkan hanya sekedar menjalankan ibadah sholat 5 waktu saja sebagai tujuan utama tanpa mempertimbangkan berbagai aspek ilmu lain yang telah diajarkan oleh nabi kita Muhammad SAW. seorang muslim masa kini lebih mengutamakan ilmu umum dan memiliki pemikiran modern yang melebihi batas. sehingga mengesampingkan ilmu dan kewajiban seorang muslim sesungguhnya. banyak contoh hal hal dalam kehidupan seorang muslim yang sebenarnya melenceng dan tidak dibenarkan dalam islam.


Pentingnya Ilmu Agama Dalam Kehidupan Seorang Muslim

Salah satu yang dianggap benar padahal salah adalah sistem yang ada dalam perbankan kita seperti bank dan lain sebagainya. sangat jelas bahwa praktek riba terdapat dalam pengelolahan bank. dan sangat jelas pula bahwa riba dalam islam hukumnya haram. jika anda tanya kepada ulama maupun para kiai yang mengerti ilmu agama, mereka tentu menjawab siapapun yang terlibat dalam praktek riba berdosa termasuk karyawan dan pegawai sebuah bank, namun yang terkesan dalam masyarakan yang kurang mengerti ilmu agama islam adalah tidak masalah bekerja di bank dan dibenarkan menurut agama.

Sebagai seorang muslim anda harus menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT. sholat 5 waktu tentu merupakan perintah wajib dari Allah SWT, untuk yang ini merupakan ibadah yang rutin dilaksanakan umat islam di dunia maupun indonesia. sedangkan riba merupakan larangan Allah SWT. namun pada nyatanya banyak masyarakat yang membenarkan praktek riba dikarenakan kurangnya ilmu agama mereka. seorang muslim kini kebanyakan hanya menjalankan perintah Allah SWT yang wajib saja tanpa meninggalkan larangannya. namun itulah yang terjadi kini, apalagi ditengah perkembangan zaman dan majunya dunia teknologi membuat seorang muslim semakin tergiur untuk lebih fokus pada dunia semata seperti mengejar karir dan lain sebagainya tanpa memperhatikan larangan Allah SWT.

Kita tahu bahwa seorang muslim diwajibkan menutup aurat, pertanyaannya adalah bagaimana umat islam yang mempertontonkan auratnya seperti memakai baju lengan pendek dan sebagainya. bukankah mereka akan mendapat dosa dengan apa yang mereka lakukan. sebenarnya mereka membuka aurat karena tidak mengerti atau memang mengerti tapi disengaja semisal agar terlihat lebih cantik dan untuk menarik lawan jenis. itu merupakan pertanyaan yang penting. jika memang mereka mengerti tapi sengaja, kita tentu hanya perlu kembali mengingatkan, tapi bagaimana dengan wanita muslim yang menganggap apa yang mereka pakai sehari hari bukan merupakan sebuah masalah. tentu kita harus prihatin.

Terkadang kita dibuat tertawa dengan jawaban para selebriti ketika ditanya kapan akan berhijab? mereka menjawab " mungkin belum saatnya, insyaallah ada keinginan untuk berhijab kedepannya, doakan saja dapat hidayah dan siap untuk berhijab". jawaban seperti ini sangat ngawur, menutup aurat wajib hukumnya bagi semua wanita muslim tanpa terkecuali saat akil baligh. bagaimana bisa mereka yang sudah berumur puluhan tahun masih mengatakan belum saatnya lah, belum siap lah. disini pentingnya pendidikan agama disamping ilmu umum lainnya. selain belajar di sekolah maupun universitas, kita wajib membekali anak kita dengan ilmu agama dan ilmu fiqih serta ilmu ilmum lain dalam islam.

Hendaknya apa yang terjadi saat ini dan beberapa contoh diatas bisa mendorong kita lebih fokus lagi dalam mempelajari islam yang benar, yaitu islam ahlussunnah wal jamaah. bukan bermaksud mengajari maupun menggurui, hanya sedikit motivasi agar kita bisa menjadi seorang muslim yang lebih taat lagi. semoga bermanfaat.


1 komentar:

  1. Betul kang banyak yang terpisah antara ilmu agama dan keseharian. seoalh ilmu agama bukan buat kehidupan tapi buat solat aja, wudu aja, dimesjid aja. padhal kan harusnya untuk kehidupan.

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status