Penerapan Ilmu Statistika Terhadap Data Biologi

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.

Penerapan statistika dapat digunakan untuk menganalisis perkiraan-perkiraan yang akan diuji dalam berbagai bidang ilmu, termasuk biologi. Dalam biologi sendiri statistika dapat digunakan dalam pengujian hipotesis pada percobaan-percobaan biologi. 


Hipotesis adalah pernyataan yang bersifat terkaan dari hubungan antara dua atau lebih variabel (Kerlinger, 1973). Secara umum, hipotesis berarti suatu pernyataan mengenai satu atau lebih populasi yang belum tentu benar atau salah sehingga perlu diuji kebenarannya 
Dalam pengujian hipotesis biologi, metode statistika menggunakan taraf nyata untuk menentukan seberapa besar keyakinan terhadap kebenaran uji hipotesis tersebut. 

Dengan adanya taraf nyata tersebut, maka masih dimungkinkan terjadi kesalahan dalam pengujian hipotesis


Kesalahan dalam pengujian hipotesis


Dalam pengujian hipotesis statistik, mungkin sekali terjadi kesalahan. Jenis tipe kesalahan:

Kesalahan tipe I adalah kesalahan yang terjadi apabila Ho ditolak padahal Ho benar. Jenis kesalahan ini dilambangkan dengan α.

Kesalahan tipe II adalah kesalahan yang terjadi apabila Ho diterima padahal Ho salah. Jenis kesalahan ini dilambangkan dengan β.


Contoh :

Perkiraan cuaca

Misal diprediksikan akan terjadi hujan di suatu kota tertentu, namun pada kenyataannya tidak terjadi hujan di kota tersebut, dikarenakan adanya perubahan arah angin.


Prediksi tsunami setelah gempa

Pada tahun 2011 lalu, terjadi bencana gempa di negara Jepang. BMKG memprediksi bahwa di daerah Maluku bagian utara berpotensi terjadi tsunami akibat gempa tersebut. Namun pada kenyataannya, gelombang tsunami hanya menjangkau sampai Laut Cina Selatan di bagian utara Filipina.


Kesimpulan

Perkiraan statistika terhadap data biologi tidak selalu sama kenyataan.


Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai pengertian dan definisi hipotesis serta kemungkinan kesalahan dalam pengujian hipotesis beserta beberapa contohnya lengkap yang bisa kami bagikan, semoga bermafaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.


0 komentar:

Posting Komentar

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status