Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Shalat Tahajjud

Cara Sholat Tahajud - Shalat tahajud merupakan sholat yang dianjurkan. artikel kali ini akan membahas tata cara shalat tahajud beserta bacaan doa tahajud yang benar. juga dijelaskan secara detail dan lengkap mengenai keutamaan shalat tahajud/shalat malam, waktu pelaksanaan shalat tahajud, bacaan niat sholat tahajjud hingga doa sesudah shalat tahajjud. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda sebagai muslim yang taat.

Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah mengerjakan shalat Isya sampai terbitnya fajar dan sesudah bangun dari tidur, meskipun itu hanya sebentar.

Hukum Shalat Tahajjud adalah Sunnat Mu’akkad, yaitu sunnat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, karenanya maka Rasul SAW sangat menganjurkan kepada para umatnya untuk senantiasa mengerjakan shalat Tahajjud. Karena dalam shalat Tahajjud terdapat keutamaan dan keistimewaan yang besar sekali.  nah berikut keistimewaan, keutamaan dan faedah shalat tahajud . . .



Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Tahajud


Beberapa Keutamaan Shalat Tahajud di Dunia :

1. Orang yang menegakkan qiyamullail akan terpelihara dari gangguan setan, dan bangun di pagi hari dalam keadan segar dan bersih jiwanya

"Suatu hari pernah diceritakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang orang yang tidur semalam suntuk tanpa mengingat untuk sholat, maka beliau menyatakan: “Orang tersebut telah dikencingi setan di kedua telinganya ” (Muttafaqun ‘alaih)

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menceritakan: “Setan mengikat pada tengkuk setiap orang diantara kalian dengan 3 ikatan (simpul) ketika kalian akan tidur. Setiap simpulnya ditiupkanlah bisikannya (kepada orang yang tidur itu): “Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak.” Maka apabila (ternyata) ia bangun dan menyebut nama Allah Ta’ala (berdoa) , maka terurailah (terlepas) satu simpul . Kemudian apabila ia berwudhu , terurailah satu simpul lagi Dan kemudian apabila ia sholat , terurailah simpul yang terakhir. Maka ia berpagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya . Jika tidak (yakni tidak bangun sholat dan ibadah di malam hari), maka ia berpagi hari dalam keadaan kotor jiwanya dan malas (beramal shalih)” (Muttafaqun ‘alaih)

2. Mengetahui di malam hari itu ada 1/3 malam terakhir dimana Allah Subhanahu wa Ta ’ala akan mengabulkan doa orang yang berdoa, memberi sesuatu bagi yang memintaa, dan mengampuni yang memohon ampun pada-Nya

"Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasannya Nabi bersabda: "Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar "(HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no. 758)
Rasulullah dalam sabda beliau:


"Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam.” (HR Muslim No. 757)

3. Ciri-ciri orang Shaleh dan Menjadikan sebab masuk surga.

"Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzariyat: 15-18).


4. Jalan mendapatkan rahmat Allah …
Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)
5. Sarana Pengabulan permohonan …
Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda,
“Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)
6. Penghapus dosa dan kesalahan …
Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)
7. Jalan mendapat tempat yang terpuji …
Allah berfirman,
“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)
Keutamaan shalat tahajud di akhirat :
  1. Bangkit Dari Kubur Dengan Wjah Berseri, Pada hari pembalasan kelak orang tersebut akan dibangkitkan oleh Allah dari alam kubur dengan wajah yang tanpa berseri-seri, tanpa ada rasa ketakutan dan kekhawatiran
  2. Keringanan Dalam Hisab, Pada saat penghisaban (penghitunagn) amal baik dan buruk pada hari kiamat kelak Allah akan memberikan keringanan
  3. Mudah Menyeberang Shirotol Mustaqim, Allah juga akan memberikan kemudahan dan kecepatan secepat kilat bagi mereka, saat menyeberang shirotol Mustaqim.
  4. Amalnya Diberikan Dari Tangan Kanan, Segala amal perbuatannya di dunia akan diberikan oleh Allah dari tangan kanan karena banyak kebaikan yang telah tercatat semasa hidupnya di dunia
Waktu Pelaksanaan Shalat Tahajud

Awal waktu shalat lail adalah setelah shalat isya dan akhir waktunya adalah setelah terbit fajar kedua. Ini berdasarkan hadits Aisyah radhiallahu anha dia berkata,

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan shalat sebelas rakaat pada waktu antara selesai shalat isya sampai subuh.” (HR. Muslim no. 736)

Juga berdasarkan hadits Ibnu Umar di atas. Karenanya Ibnu Nashr berkata dalam Mukhtashar Qiyam Al-Lail hal. 119, “Yang disepakati oleh para ulama adalah: Antara shalat isya hingga terbitnya fajar (shadiq/kedua) adalah waktu untuk mengerjakan witir.”

Karenanya jika ada orang yang shalat maghrib-isya dengan jama’ taqdim, maka dia sudah boleh mengerjakan shalat lail walaupun waktu isya belum masuk. Sebaliknya, walaupun sudah jam 10 malam tapi jika dia belum shalat isya, maka dia belum diperbolehkan shalat lail.

Jumlah Rakaat shalat tahajud

Shalat lail atau tahajjud minimal 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Ini berdasarkan hadits Ibnu Umar di atas. Hanya saja, walaupun dibolehkan mengerjakan shalat lail tanpa ada batasan rakaat (selama itu genap), akan tetapi sunnahnya dia hanya mengerjakan 8 rakaat (plus witir 3 rakaat) berdasarkan hadits Aisyah yang pertama di atas.

Disunnahkan juga untuk mengerjakan 2 rakaat ringan sebelum shalat lail -berdasarkan hadits Aisyah yang terakhir di atas-, sehingga total rakaatnya adalah 13 rakaat. 



Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud | Bacaan Doa Tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa. 

Terjemahan Doa Niat Sholat Tahajud 

Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah"


Tuntunan Dan Tata Cara Sholat Tahajud
Melaksanakan sholat malam ini sama halnya dengan mengerjakan sholat yang lain baik fardhu atau sholat sunah , perbedaannya hanya terletak pada waktu pelaksanaan yang harus dilakukan pada malam hari serta niat sholatnya saja
Berikut ini tata cara melaksanakan shalat tahajud yang benar :
  1. Niat sholat Tahajud, Niat diucapkan dalam hati (bukan diucapkan dengan lisan) dilakukan pada saat takbiratul Ihrom
  2. Melakukan Takbir (Takbirotul Ihrom), ‘Allahu Akbar’  sambil mengangkat ke dua tangan sejajar deangan bahu
  3. Membaca surat Alfatihah, Alfatihah wajib hukumnya dibaca, kemudian dilanjutkan dengan bacaan surat Al-qur’an yang sudah dihafal
  4. Ruku’, Membungkuk sambil memegang ke dua lutut sehingga kepala dengan punggung rata
  5. I’tidal, Berdiri tegak setelah selesai ruku’ (mebaca tasbih)
  6. Lanjutkan seperti melaksanakan sholat pada umumnya

Bacaan Doa setelah shalat tahajud  :


اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ


Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Indonesia :

Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna.

Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna.

Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna

Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna

Walakal hamdu Anta mulikussamaawaati wal ardhi

Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu.

Waljannatu haqqun wannaaru haqqun

Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa 'atu haqqun.

Allahumma laka aslamtu. Wa 'alaika tawakkaltu. Wabika aamantu .

Wa ilaika aanabtu. Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu.

Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a' lantu.

Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Laa ilaa ha illaa anta

Anta ilaahii Laa ilaaha illaa Anta 

Terjemahan Doa Setelah Sholat Tahajud :

"Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Setelah membaca doa sesudah sholat tahajjud diatas dianjurkan pula membaca Do'a keselamatan Dunia Dan Akhirat :

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".(QS, 2:201)

Nah, itu tadi rangkuman mengenai Tata Cara Shalat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud. dari penjelasan diatas terlihat bahwa banyak sekali keuntungan jika kita melaksanakannya, pahala berlimpah akan kita dapatkan dari ALLAH SWT. semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai bagaimana cara melaksanakan sholat tahajud yang benar, wassalamualaikum wr wb.


122 komentar:

  1. Walakal hamdu laka mulkussamawati atau walakal hamdu anta mulkussamawati???kok antara tulisan arab n latinnya beda.

    BalasHapus
  2. Insya'allah versi arabnya yang benar, mungkin terdapat kesalahan dlm versi latin dikarenakan kesalahan dalam penulisan dan kurang cermat dalam membaca versi arabnya, wallahualam, kami juga merangkum dan menyamakan doa setelah sholat tahajjud dari berbagai macam sumber dan rata-rata juga berbeda antara versi latin dengan arabnya. mgkin alangkah lbh baiknya anda bertanya lngsung kepada ustadz ataupun mereka yang amat faham tentang tata cara sholat tahajjud. kami tdk berani membenarkan salah satu versi jikalau kami belum yakin akan kebenarannya, hal ini dikarenakan pembahasan diatas menyangkut akidah. mohon maav jika terdapat banyak kekurangan dlm artikel kami kali ini . . . wass

    BalasHapus
  3. Gimana ya tips supaya bisa mudah bangun malam untuk sholat tahajud?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Mau Tidur Kamu Niat Adja Dengan Tulus Kalo Nanti Malam Ingin Bangun Sholat Tahajud..

      Insyaallah Bisa Bangun Ntar..

      Hapus
  4. saya kira mslah tips agar trbangun pd malam hari tergantung bagaimanaa niat dan keseriusan diri kita pribadi dlm mnjlnkan sholat tahajjud gan, masing2 psti punya cara tersendiri . . .

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum. Perlukah kita membaca tahiyat awal kalau kita aolat tahajud 2 rakaat?

    BalasHapus
  6. Maaf kalau soalan sy agak pelik. Sbb sy sebenarnya mualaf

    BalasHapus
  7. Makasih ya gan alhamdulilah membantu banget

    BalasHapus
  8. @Michellecious : waalaikum salam, kalo shalat tahajud tidak perlu melakukan tahiyat awal, cukup tahiyat akhir di rakaat kedua saja . . .

    @satya : iya gan, sama-sama

    BalasHapus
  9. Thank's gan informasinya.............

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Bagaimana jika tidak sholat isya tetapi ingin sholat tahajud, apakah di perbolehkan?

    BalasHapus
  11. @rizky prasyoga : sholat isyak merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim, meningggalkan sholat lima waktu sgt jelas haram hukumnya. . . bahkan nabi saat sdg berperang pun msh sempat menunaikan sholat. . .

    BalasHapus
  12. Subhanallah semoga apa yang kita inginkan bisa terkabulkan..

    BalasHapus
  13. Sem0ga apa yg kita inginkan bisa terkaBulkan..

    BalasHapus
  14. assalamu'alaikum ustad

    tiba-tiba saya terbangun dan ingin melaksanakan sholat tahajud, tapi sebelumnya saya belum pernah diajarkan sholat tahajud.

    Saya takut melaksanakannya lantaran belum ada guru yang mengajari saya. Apakah saya boleh melaksanakan sholat tahajud jika dengan membaca tulisan misalnya seperti yang pak ustad tuliskan?

    Mohon penjelasannya ustad, terima kasih.

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum ustad

    tiba-tiba saya terbangun dan ingin melaksanakan sholat tahajud, tapi sebelumnya saya belum pernah diajarkan sholat tahajud.

    Saya takut melaksanakannya lantaran belum ada guru yang mengajari saya. Apakah saya boleh melaksanakan sholat tahajud jika dengan membaca tulisan misalnya seperti yang pak ustad tuliskan?

    Mohon penjelasannya ustad, terima kasih.

    BalasHapus
  16. assalamu'alaikum ustad

    tiba-tiba saya terbangun dan ingin melaksanakan sholat tahajud, tapi sebelumnya saya belum pernah diajarkan sholat tahajud.

    Saya takut melaksanakannya lantaran belum ada guru yang mengajari saya. Apakah saya boleh melaksanakan sholat tahajud jika dengan membaca tulisan misalnya seperti yang pak ustad tuliskan?

    Mohon penjelasannya ustad, terima kasih.

    BalasHapus
  17. Good info. Tq

    Shah,
    Accurate-transport.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Memang shalat yang paling utama setelah shalat fardhu ialah shalat malam dengan segala kemuliannya. Semoga kita dapat istiqomah menjalankannya untuk Indonesia yang lebih baik.

    BalasHapus
  19. doanya boleh di balik2 ya?
    biasa " allohumma lakalhamdu anta qoyyumus samaawati .... " yang di atas nuur dulu -_-

    BalasHapus
  20. Terimkasih sudah berbagi, sangat bermanfaat sekali....

    BalasHapus
  21. Shalat tahajjud ini memang dianjurkan untuk tidak ditinggalkan tiap malamnya. Banyak hikmah yang terkandung didalamnya bagi mereka yang suka tahajud. Semoga kita bisa mengikuti jejak langkah mereka yang getol tahajud. amin.

    BalasHapus
  22. kalau tata cara agar bangun saat tengah malam bagaimana ya?

    BalasHapus
  23. kan saya mau sholat tahajud tapi tidak hafal doanya, bisa ga kalau di ganti dengan doa yang lain?

    BalasHapus
  24. Apakah suatu keharusan kalau terbangunnya pada malam hari? Kalau bangunnya sore abis tidur siang gak bisa yah?

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum wr wb

    afwan akhi, ana mau bertanya apa 8raka'at itu boleh apa 2-2raka'at atau 2x4raka'at seperti sholat fadhu tapi saya pernah diberitahu teman saya setelah 2raka'at pertama tdk perlu tahiyat awal langsung lanjut ke raka'at 3 lagi begitu apa benar ya ?

    & bagaimana untuk sholat witirnya ????
    witir 3raka'at seperti sholat maghrib kah ???

    mohon bantuan info'y ya akhi

    jazakAllah khairan katsiran . wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  26. saya kesulitan untuk bangun mendirikn shalat tahajjud. terimah kasih tipsnya.

    BalasHapus
  27. bacaan al fatihah dan ayat al qurannya dibaca nyaring atau di baca dalam hati ?

    BalasHapus
  28. Lebih lengkap penjelasannya bagus.

    BalasHapus
  29. ko gabisa di copast :( jadi ga bisa di share ke temen2 :/

    BalasHapus
  30. Aep Saepudin : untuk doa setelah sholat tahajjud boleh boleh saja diganti dgn doa lain selama itu doa yang baik . . . sedangkan doa dalam pelaksanaan sholat tahajjud tidak boleh diganti dgn doa lain contohnya surat al fatihah dan doa tahiyat akhir

    Awan Putih : untuk bacaan al fatihah dan ayat al qur'an nya di baca dalam hati saja . . .

    Ayu Ezyload : Untuk pelaksanaan sholat witir boleh dilakukan dengan 3 rakaat langsung dan diakhiri hanya dengan takhiyat akhir saja pd rakaat ketiga , tetapi jumhur ulama berpendapat bahwa salat witir dilaksanakan dengan satu kali salam tiap dua rakaat dan terakhir satu kali salam dalam satu rakaat, sebagai contoh salat witir tiga rakaat maka dilaksanakan dua rakaat satu kali salam di tambah satu rakaat satu kali salam.

    Mega desi : bisa kok gan, . . .

    BalasHapus
  31. sholat tahajjud menjadi mudah jika di niatkan

    BalasHapus
  32. gan kalo sudah sholat tahajud tapi tidak membaca doa setelah sholat tahajud gak apa-apa?

    BalasHapus
  33. Gan kalo sudah sholat tahajud tapi tidak membaca doa setelah sholat tahajud tidak apa-apa?.Mohon bantuannya ya gan

    BalasHapus
  34. Tidak apa apa gan, . . . doa setelah sholat tahajjud tidak wajib dibaca, namun alangkah baiknya jika agan membaca dan mempelajarinya . . .

    BalasHapus
  35. Makasih bgd yaa Saudara.
    Bermanfaat Bgd.
    Yang Ngeshare ini gw doain Masuk surga Tanpa Hisab.
    aamiin

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum wr wb
    Jika semalaman kita tidak tidur apakah diperbolehkan untuk melaksanakan sholat tahajud,,.?
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  37. Bacaan dlm shalat malam itu jgn dalam hati ..

    BalasHapus
  38. @bloggernyaorangganteng : amiiiinnnn ya robbal alaminn . . .

    @adnan adhie : terdapat perbedaan ulama mengenai hal ini, ada yang berpendapat tidak apa apa melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu, namun ada juga ulama yang mengahruskan tidur terlebih dahulu untuk syarat melaksanakan sholat tahajjud, . . .

    BalasHapus
  39. Artikel yang bermanfaat
    Terima kasih mas !!

    Saya merasakan betul manfaat shalat tahajud + dhuha. tp krn rasa malas dn sering begadang skrg mlah suka kebablasan subuhnya :v

    Skarang mau coba mulai lg. doakan ya :D

    Sekali lagi terima kasih atas artikelnya, soalnya bacaan doa nya lupa mknnya nayri2 dan nyasar kesini :D
    hehe

    BalasHapus
  40. Jika mau bangun sholat tahajud sebelum tidur harus ada niatan insayallah allah akan membangunkan mu

    BalasHapus
  41. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat, baca juga artikel-artikel lain yang menarik dan bermanfaat di http://keke-busana.com/ :)

    BalasHapus
  42. thks gan...tambah ilmu dan makin mantap untuk melaksanakannya,smga yang nulis artikel ini mendapat pahala yang banyak..amiiinnn

    BalasHapus
  43. Jadi intinya boleh ga shalat tahajjud tanpa tidur dulu?
    Udah usahain buat tidur tapi ga bisa :(

    Tolong jawab ya.. Please banget.

    BalasHapus
  44. emang gaboleh ya kalo sholat tahajud ga tidur dulu ?

    BalasHapus
  45. assalamualaikum..sy ingin mnanyakan tntng salat malam..sy mau mlakukan salat tahajud tetapi saya masih ragu..stiap hari sy bkerja dr jm4sore-12malam..stelah pulang sy ingin salat malam tetapi sy masih ragu"..apakah boleh kalau salat malam tidak habis bngun dr tidur???
    wasalamualaikum

    BalasHapus
  46. Makasih info nya sngat bermampaat

    BalasHapus
  47. Assalamu alaikum
    Kalau sholat tahajud bisa jech do'anya yang pendek-pendenk

    BalasHapus
  48. assalamualaikum ... gan boleh nga niat kita sholat tahjud jika ada hal yang penting yg ingin dikabulkan saja baru kita akn sholah tahajud?

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum ...Klau kita melakukan sholat tahajud itu jika ada hal yang penting kita laksanakan dan ingin hal itu tercapai apakah boleh kita hanya melakukannya pada saat itu saja ....

    BalasHapus
  50. alhamdulillah saya jadi lebih bisa memaknai makna yang terkandung dalam solat tajud mas, terima kasih atas ilmunya.. sangat bermanfaat untuk saya.. ^^

    BalasHapus
  51. subhanallah postingan yang sangat bermanfaat tentang solat tahajud, sukses selalu ya kawan.. :)

    BalasHapus
  52. Tips....bangun tngah mlam...
    sblm tdur baca surah al ikhlas 3x
    lnjut baca doa tidur....lpas tu brdoa minta bangun jam berapa
    insyaAllah....trbukti

    BalasHapus
  53. kalau tahajjud tidak baca do'a iftitah ya sebelum alfatihah?

    BalasHapus
  54. asalamualakum.
    pak klw mau sholat tahajud itu lebih apdol sesudah tidur apa sebelum pak.
    mohon bantuanya.
    http://www.youtube.com/watch?v=mRlVtZiJvKg

    BalasHapus
  55. Ada ga yang bisa di download doanya, atau versi .pdf nya, jazakumullah

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum, Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Semoga bisa mengajak sahabat lainnya untuk melaksanakan sholat tahajud tiap malam dan diampuni dosa-dosanya serta diberikan tempat yang lebih baik di akhirat nanti. Amin.

    BalasHapus
  57. tlng tutun saya menjadi hamba yang baik d hadapNya..
    karena saya pribadi sudah terlajur jauh meninggalkanNya..
    1. apa yg mesti pertama saya kerjakan
    2. bagaimana agar hati dan pikiran saya tidak tertutup
    tlng di bantu saudara ku..

    BalasHapus
  58. Agar istiqomah TAHAJJUD Setiap malam
    Gabung di KOMUNITAS TAHAJJUD BERANTAI
    cari tau cara JOIN di :
    Fb : Komunitas Tahajjud Berantai

    BalasHapus
  59. kok susah banget ya bangun malem buat sholat tahajud?

    BalasHapus
  60. Ada teman yang mengatakan bila sholat tahajud 4 rakaat tidak usah tahyat awal , apa kah benar..?

    BalasHapus
  61. Maaf bagaimna jika doa setelah sholat tahajjud itu tidak hafal,bolehkan diganti dengan bahasa indonesia ?

    BalasHapus
  62. Maaf jika bacaan doa setelah tahajjud tidak hafal bolehkan diganti dg bahasa indonesia

    BalasHapus
  63. solat tahajjud berapa rokaat sebaik nya. apakah boleh niat solat tahajud menggunakan bahasa indonesia?

    BalasHapus
  64. السلام عليكم،maaf saya maw tanya..artikel diatas yg dimaksud melaksanakan dua rakaat ringan sebelum sholat tahajud itu niatnya bagaimana...?terima kasih saya tunggu jawabannya

    BalasHapus
  65. Assalamu'alaikum ..
    ustadz apakah boleh ketika qt ingin mengerjakan sholat tahajud tp cara qt membangunkan diri dg mengunakan alarm hp ?

    BalasHapus
  66. baca aja ayat kursi sbnyak 10 kali pd rakaat pertama
    baca surat al-kafirun sbnyak 10 kali pada rakaat ke dua
    selesai..
    dijamin makbul..

    BalasHapus
  67. Assalalmualikum.Wr.Wb.
    Alhamdulillah artikel yg sangat baik sekali ... dan saya juga banyak pencerahan dari artikel ini, terima kasih pa' ustad.
    buat temen" yg mempertayakan tentang apakah boleh shalat tahajud tapi belum tidur dan juga masalah doa yg ga apal or doa dan niat pake bahasa indonesia ... klo boleh bantu jawab ... begini menurut saya :
    shalat tahajud BOLEH di laksanakan walau pun blum tidur hanya lebih di saran kan agar tidur terlebih dahulu kenapa ... karena jelas dari dari beberapa sumber menyatakan bahwa ini waktu terbaiknya adalah 1/3 malam nah coba bayangkan klo di waktu itu kita belum tidur mungkin pas mau shalat kita malah ngantuk hehehe ... masalah doa di ganti or mau pake bahasa indonesia, balik lagi ini menurut saya semua doa baik dan sah sah saja alias boleh boleh saja selama doa itu baik, tapi coba teman" perhatikan baik" arti dan makna dari do'a di atas doa tersebut sudah tersusun dengan sangat indah nya dari pembukaan sampe penutupan, maksud saya di awal kita memuji kebesaran Allah SWT lalu kita mengIYAkan bahwa nabi besar Muhammad SAW utusan Allah SWT kita meminta ampunan dan perlindunganNYA dan pada akhirnya kita memperkuat pernyataan bahwa Allah SWT adalah tuhan yg ESA ... nah bukan kah itu sempurna seperti halnya saat kita ingin sesuatu dari manusia lain baik orang tua kita bos kita guru kita atau siapapun mereka kita puji mereka kita akui keberadaan'a lalu mulai kita meminta dan pada akhirnya kita say thanks padanya ... nah apalagi ini kita langsung mau minta sama sang pencipta sumber dari segala sumber .. nah sekarang klo masalah doa or niat yg di bahasa indonesiakan saya yakin seyakin yakin'a bahwa sah alias di perbolehkan karena kita sangat tau dan paham bahwa Allah SWT. maha mmengetahui ... hehehe apalagi cuma masalah bahasa. .. oh ya ada yg nanya bangun pake alarm ... balik lagi menurut saya sah sah saja yg penting shalatnya bukan masalah bangun'a ,,, banyak diantara kita yg bangun sendiri tapi malah bobo lagi hehehe ... intinya Allah SWT. sangat menyenangi hambanya yg mau berusaha untuk mendekatkan diri padaNYA ... hmmmm ternyata masih ada lagi tata cara shalat (rakaat) sepertinya dia atas sudah sangat jelas bahwa 2-2-2-2 dan 3(2-1) tapi klo ada yg langsung mau 4-4-3 menurut dan setahu saya 4 rakaatpun tidak ada tahiyat awal tapi langsung ke tahiyat akhir ... akhir kata maaf klo ada yg salah mohon di koreksi yg penting di sini kita bukan mencari perbedaan apalagi perdebatan tapi mencari persamaan untuk sesuatu yg lebih baik ... semoga kita semua termasuk orang" yg beruntung ,,, Amin Allahuma Amin (y)
    wassalam

    BalasHapus
  68. Kalo kita belum hapal doa stlh sholat tahajud . Boleh ngga baca nya pake kertas?

    BalasHapus
  69. terima kasih atas info ini

    BalasHapus
  70. Setelah baca nih artikel , ane jadi mau rutin sholat tahajjud Gan.
    Supaya doa ane diqobul sama Allah.

    BalasHapus
  71. Alhamdulillah..terima kasih atas info dberikn.. Semoga kamu dberkati Allah..

    BalasHapus
  72. makasih, semoga doa kita diterima Allah SWT. amin

    BalasHapus
  73. kk, aku pernah baca di artikel lain ... jam paling utama adalah dari jam 1 sampai masuknya waktu subuh, masuknya waktu subuhkan jam 4:30 an kan ... berarti sholat tahajud bisa jam 4 ya kak ?

    BalasHapus
  74. Artikel yg mencerahkan.... Tks.....

    BalasHapus
  75. Terima kasih, sangat lengkap tutorialnya...

    BalasHapus
  76. terimakasih gan.
    sangat bermanfaat, semoga ALLAH SWT, senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. amin.

    BalasHapus
  77. Trima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat buat yg menjalankannya

    BalasHapus
  78. makasi gan atas pencerahannya...bermanfaat sekali

    BalasHapus
  79. Bener gak sih klo disetiap sujud kedua nya itu kita dianjurkan membaca istighfar sebanyak 33x? Seperti " astaghfirullah al'adzim laa ilahailla hualhayulqoyum wa ta'budu illahii".
    Mohon pencerahannya, trima kasih.

    BalasHapus
  80. wah baru liat postingan yang kek ginian, terima kasih banyak ya udah share :D

    BalasHapus
  81. apakah kalau kita lagi dapat tamu bulanan doa kita tidak di kabulkan itu benar atau tidak ,, mohon pencerahannya terima kasih

    BalasHapus
  82. wah baru tahu saya gan,
    makasi ya atas infonya

    BalasHapus
  83. Biasanya amalan yang besar pahalanya, berat untuk melaksanakannya. Mudah2 an kita diberi kekuatan untuk mengamalkannya.

    BalasHapus
  84. Bermanfaat sekali infonya gan :-)

    BalasHapus
  85. kang biar gampang bangun malam kaya apa caranya?

    BalasHapus
  86. Saya mau nanya klo sholat tahajud itu boleh nggak di laksanakan ketika menunggu waktunya dalam arti tidak tidur menunggu waktu sholat tahajud

    Atau harus di laksanakan setelah bangun tidur dan tidak boleh di laksanakan pada saat belum tidur atau menunggu waktu sholat tahajud

    Terima kasih

    BalasHapus
  87. Saya mau nanya

    Sholat tahajud itu boleh nggak di laksanain ketika belum tidur dalam arti menunggu waktu sholat tahajud

    Terima kasih

    BalasHapus
  88. kalau tidak tidur berarti anda qiyamulllail(beribadah malam hari kepada allah swt), anda tetap mendapat pahala karena beribadah sepanjang malam baik itu sholat maupun berdzikir, namun anda tidak mendapatkan pahala sholat tahajjud. jd harus tdr terlebih dahulu walaupun sebentar...

    BalasHapus
  89. alhamdulillah.... terima kasih banyak

    BalasHapus
  90. Assalamualaikum.
    kenpa tidak bisa di balas ya?

    saya hanya mau berbagi. Ternyata untuk bangun tidur malam banyak cara. Alloh bisa jadi mengirimkan nyamuk untuk membangunkan kita. maka ketika kita tidur dan terbangun karena nyamuk. sementara kita memang ingin bangun malam. maka bangunlah. Mungkin itu cara Allloh membangunkan kita.

    BalasHapus
  91. Alhamdulillah ilmu sy bertambah lagi.. semoga dengan niat kita untuk selalu bangun malam hanya untuk beribadah, Allah selalu meridhoi dan melancarkan segala urusan dalam hidup kita. Aamiin.

    BalasHapus
  92. lengkap, makasih share ilmuny

    BalasHapus
  93. makasih infonya ,sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  94. Alhmdllah Khasiat dri sholat malam mi,.bangun2 pikiran dan Badan jd segar.......mksih buat Pencrahan nya mas,.smoga brmanfaat,,,aminn

    BalasHapus
  95. terima kasih artiklenya .badan jadi seger smoga rizki makin lancar.
    kunjungi juga tutorial internet marketing ngejardollar.blogspot.com

    Allah Lebih mengutamakan proses belajar dari pada hasil akhir. jadi mari sama sama belajar bangun dan rutin sholatnya.

    Insyallah nanti jadi habits/kebiasaan dan sulit luntur sehinga bisa kita tebarkan ke keluarga dan kerabat.

    BalasHapus
  96. berapa rakaat sholat tahajjud?
    pak ustad

    BalasHapus
  97. Betapa Tenangnya Hati Kalau Melaksanakannya.

    BalasHapus
  98. Terimakasih ats info tata cara sholat tahajud nya,mudah mudahan biasa bermanfaat buat aku dan kalian semua nya

    BalasHapus
  99. terima kasih.. sangat membantu semoga berkah..

    BalasHapus
  100. Maksih infonya.. sungguh sangat bermnfaat.. Ya Allah semoga istiqomah...

    BalasHapus
  101. tahajud adalah kebiasaan orang orang solih.....

    BalasHapus
  102. http://fiqih-sholatblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  103. Assalammualaikum wr.wb
    Mau nnya sebelumnya klo mslnya mau ngerjain yg 8 rakaat kya mana ya? Apa kita harus 4 rakaat dlu di iringi dengan tasyahud awal? Mhon bntuannya saudaraku

    BalasHapus
  104. jika ingin mengerjakan 8 rakaat, maka pelaksanaannya adalah setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. sama seperti sholat tarawih saat bulan ramadan. berapapun jumlah rakaat yang akan dikerjakan, cara pelaksanaannya tetap sama yaitu setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.

    BalasHapus
  105. terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  106. Alhamdulillah saya bisa belajar pelan2 untuk berbenah dengan adanya pos ini..terima kasih

    BalasHapus
  107. Terima kasih sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  108. Bagus artikelnya dan saya suka tulisan Anda karena sangat membantu Para Pembaca seperti sy yang haus akan informasi . Terima kasih
    oleh : Wasbir21

    BalasHapus
  109. Izin copas.. Untuk my paper. Terimakasih sangat membantu.

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status