Tata Cara Sholat Hajat | Bacaan Shalat Hajat

Cara Sholat Hajat - Shalat hajat merupakan ibadah sholat sunnah yang ditujukan untuk meminta dan memohon sebuah hajat kepada Allah SWT. ibadah ini mengajarkan bahwa selain berusaha dengan bekerja, kita juga wajib berdoa dan memohon kepada Allah sebagai sang pemberi rezeki. nah kali ini akan dibahas mengenai tata cara pelaksanaan shalat hajat yang baik dan benar beserta bacan bacaan doa sholat hajat. terutama bacaan niat dan bacaan doa setelah melaksanakan shalat hajat.


Hajat menurut arti katanya yaitu keperluan atau kebutuhan. Jadi shalat sunah hajat adalah sholat sunat yang dikerjakan karena mempunyai maksud atau keperluan dan berharap allah swt mengabulkannya. Hajat atau keperluan ini ada yang kepada allah swt dan ada juga yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau disebut dengan urusan duniawi dan ukhrawi.

Sebelum lanjut baca juga : Tata Cara Sholat Dhuha.


Tata Cara Sholat Hajat | Bacaan Shalat Hajat

Sholat hajat dimaksudkan untuk menyempurnakan ikhtiar dan mencapai suatu keinginan, Insya Allah dengan melakukan sholat Hajat Allah akan mengabulkan doa dan keinginan tersebut. Doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal adalah kewajiban umat muslim dalam menyikapi banyaknya tuntutan hidup di dunia. Dalam surat Al Baqarah:45 di atas, selain sholat kita diperintahkan juga untuk sabar. Oleh karena itu, sholat Hajat dan memohon kepada Allah dapat kita lakukan setiap hari dengan khusyuk serta tanpa rasa bosan bila keinginan itu belum dikabulkan. 

Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR Ahmad)

Suatu hajat dapat tercapai diantaranya dengan berusaha dan berdoa yaitu dengan shalat. Sehingga berharap allah swt akan segera mengabulkan keinginan kita. Karena allah telah berfirman dalam Al-Quran: (surat Al-baqarah ayat 45)


وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

wasta'iinuu bishshabri washshalaati..

    "Dan Meminta Pertolongan (kepada allah) dengan sabar dan shalat…" (QS Al Baqarah: 45)


Waktu pelaksanaan shalat hajat


Waktu sholat Hajat tidak tertentu, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh. Sholat Hajat dilakukan sendiri, tidak berjamaah. Banyaknya rakaat dalam sholat Hajat yaitu minimal dua rakaat dan maksimal sebanyak dua belas rakaat. Dalam pelaksanaanya, jika dikerjakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.

Niat sholat hajat :

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala” (aku niat sholat sunah hajat karena Allah) 


Tata cara sholat hajat :
  1. Niat sholat Hajat di dalam hati: “Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala” (aku niat sholat sunah hajat karena Allah) 
  2. Lalu Takbiratul Ihram. 
  3. Membaca do’a Iftitah, dilanjutkan dengan surat Al Fatihah kemudian membaca salah satu surat di dalam Al Quran.
  4. Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali. 
  5. I’tidal sambil membaca bacaannya. 
  6. Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya. 
  7. Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir.
  8. Setelah selesai maka membaca salam dua kali. 
Bacaan doa sholat hajat :

Dalam kitab Tajul Jamil lil ushul, dianjurkan setelah shalat hajat membaca istigfar 100x, seperti kalimat istigfar yang biasa atau membaca istigfar berikut:

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”

Selesai membaca istigfar lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.


Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

Apabila anda sudah membaca istigfar dan mambaca shalawat nabi maka anda memohon kepada Alloh SWT apa yang kita inginkan kemudian kita membaca doa sholat hajat

Bacaan doa shalat hajat versi arab :



Tata Cara Sholat Hajat | Bacaan Shalat Hajat

Bacaan doa setelah sholat hajat Versi Latin :

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

Nah, itu tadi ilmu mengenai tata cara dan bacaan shalat hajat. semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah ilmu agama kita masing masing serta memacu kita untuk lebih sering memohon segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT. amiin


23 komentar:

  1. Maaf bacaan tasbih itu yg gimana pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tasbih : “Subhanallah”, artinya “Maha Suci Allah”.

      Hapus
  2. Terima kasih mas, sangat bermanfaat, semoga menjadi berkah buat mas dan pembaca lainnya...

    BalasHapus
  3. artikel bagus sangat bermanfaat untuk keluargaku ... tapi akan sangat berterima kasih jika saya dapat mengkopi doanya

    BalasHapus
  4. Bacaan tasbih itu subhannallah walhamdulillah walaa ilaahaillallah huwallahu akbar

    BalasHapus
  5. artikel bagus sangat bermanfaat untuk keluargaku ... tapi akan sangat berterima kasih jika saya dapat mengkopi doanya

    BalasHapus
  6. bukannya niatnya mah usoli sunnatan likodoil hajati rokataini lillahi ta'ala

    BalasHapus
  7. terima kasih pa sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. terima kasih, pak... semoga bermanfaat.. Aamiin

    BalasHapus
  9. Sangat membantu, pingin menghafal tapi sayang gak bisa di copy...

    BalasHapus
  10. Mau nanya, sholat hajad itu bisa dilakunan 2 kali dalam sehari atau tidak .?

    BalasHapus
  11. plis answer.
    berarti subhanallahnya 3 kali, Alhamdulillahnya 3 kali, Allahuakbarnya 3 kali.?

    BalasHapus
  12. Makasih infonya...sangat membantu sekali !!

    BalasHapus
  13. Ya alah se moga bisa mengrjakan amalan ini,,

    BalasHapus
  14. jadi ter bantu untuk mencari k ridoan allah ,,

    BalasHapus
  15. thanks banget gan, ane lagi butuh ini

    BalasHapus
  16. syukron makasih infonya

    kunjungi web kami di
    www.permataqadri.com

    BalasHapus
  17. makasih infonya mas.. sangat membantu

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status