Bahaya dan Akibat Merokok Bagi Kesehatan

      Bahaya merokok - bahaya rokok bagi kesehatan sudah banyak diketahui masyarakat. namaun akibat merokok bagi kesehatan tubuh yang sudah jelas jelas berbahaya dikarenakan rokok mengandung banyak zat racun tetap saja diabaikan oleh masyarakat. berikut dibawah ini artikel lengkap tentang penjelasan zat-zat berbahaya dalam rokok, cara berhenti merokok, pengertian rokok, bahaya merokok dan akibat rokok bagi kesehatan serta penyakit yang ditimbulkan akibat merokok. simak ulasannya berikut ini

bahaya dan akibat rokok bagi kesehatan

Pengertian Rokok

Rokok adalah slinder dari kertas berukuran panjang aatara 70 hingga 120mm (bervariasi tergantung negaranya) dengan diameter sekitar 10mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Rokok merupakan produk yang berbahaya & adiktif (menimbulkan ketergantungan). Di dalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok antara lain : tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, nitrosamine dll. 

B.     Jenis-jenis perokok

Berdasarkan jenisnya perokok dibedakan menjadi :

a.       Perokok aktif
Mereka telah terbiasa dan nyata menghisap rokok dan menanggung sendiri akibatnya.

b.      Perokok pasif
Mereka sebenarnya tidak merokok namun  karena ada orang lain yang merokok didekatnya maka ia terpaksa harus ikut menghisap asap rokok dengan segala akibatnya.

Berdasarkan jumlahnya perokok dibagi menjadi :

a.       Perokok ringan.
Perokok yang merokok atau menghabiskan sekitar 1-10 batang rokok per hari.
b.      Perokok sedang.
Perokok yang menghabiskan sekitar 10-20 batang rokok per hari.
c.       Perokok berat.
Perokok yang menghabiskan lebih dari 20 batang rokok per hari.

C.    Zat yang terkandung dalam merokok

Bahaya dan Akibat Merokok Bagi Kesehatan

1.      Nikotin
Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok.
Pengaruh bagi tubuh manusia
a.       Menyebabkan kecanduan atau ketergantungan merusak jaringan otak
b.      Menyebabkan darah cepat membeku
c.       Mengeraskan dinding arteri

2.      Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker
Pengaruh bagi tubuh manusia
a.       Membunuh sel dalam saluran darah
b.      Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
c.       Menyebabkan kanker paru-paru

3.      Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.
Pengaruh bagi tubuh manusia
a.       Mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
b.      menghalangi transportasi dalam darah

4.      Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia
a.       Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

5.      Zat Iritan
Pengaruh bagi tubuh manusia
a.       Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
b.      Menyebabkan batuk.

Sebagaimana kita ketahui zat-zat asing berbahaya yang dihisap oleh perokok tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam asap rokok dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO). Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas 85 % dan partikel

D.    Bahaya Yang di Timbulkan akibat  merokok

Bahaya dan Akibat Merokok Bagi Kesehatan

1.      Bahaya merokok pada perokok aktif dan pasif

Besarnya bahaya merokok sebenarnya bukan tidak disadari oleh para perokok, karena pada setiap bungkus rokok kini terdapat peringatan wajib dari pemerintah yang berbunyi: “MEROKOK MEMBUNUHMU.” Tetapi, seringkali kuatnya ketergantungan terhadap rokok membuat orang tidak mau berhenti mengisapnya. Menurut penelitian, ternyata yang akan menerima efek negatif dari rokok tersebut bukan hanya perokok aktif saja, akan tetapi perokok pasif pun akan menerima akibat negatif dari rokok tersebut. Dan justru efek yang diterima oleh perokok pasifakan jauh lebih berbahaya lagi ketimbang perokok aktifnya.

Adapun beberapa bahaya dan akibat yang di timbulkan oleh rokok bagi kesehatan tubuh antara lain :

a.       Kanker Paru

Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

b.      Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

c.       Kanker Payudara

Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

d.      Kanker Serviks

Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

e.       Kanker Kerongkongan

Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

f.       Kanker Pencernaan

Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

g.      Kanker Ginjal

Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

h.      Kanker Mulut

Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

i.        Kanker Tenggorokan

Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

j.        Serangan Jantung

Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

k.      Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

l.        Aterosklerosis


Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

m.    Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

n.      Impotensi


Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

o.      Gangguan medis lainnya

Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

2.      Bahaya asap rokok bagi ibu hamil, janin dan bayi

Selain bagi perokok pasif yang dalam keadaan normal, asap rokok lebih berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Akibat dari asap rokok tersebut antara lain:

a.       Keguguran pada janin yang dikandung
b.       Kematian janin di dalam kandungan
c.        Pendarahan pada plasenta dan terjadi pembesaran lebih dari 30 persen
d.       Berat badan janin berkurang sekitar 20-30 persen dari normal
e.        Bayi yang lahir prematur dalam keadaan kesehatan yang tidak stabil
           Asap rokok lebih berbahaya lagi jika dihisap oleh bayi, akibatnya adalah:
a.       Mengalami gangguan dan penyakit pernafasan
b.       Terganggunya perkembangan kecerdasan anak, baik motorik maupun      kognitif
c.        Terjangkitnya penyakit telinga
d.       Bisa meningkatkan resiko penyakit leukimia sebanyak dua kali lipat
e.        Meningkatkan resiko kanker otak hingga 22 persen
f.        Bayi akan lebih mudah lelah karena oksigen yang tidak terserap sempurna
g.        Sindrom kematian secara mendadak

3.      Bahaya merokok untuk anak usia sekolah

Kita dapat menemui di jalan-jalan, baik di kota besar dan kota kecil dimana para pelajar dengan santainya merokok seolah itu bukan perbuatan yang buruk. Anda dapat menemukan mereka di berbagai tempat, seperti kafe, terminal, kendaraan umum atau bahkan di sekitar sekolah mereka sendiri. Orang yang mengerti dan sadar tentang kesehatan pastinya akan prihatin dengan keadaan seperti ini. Merokok itu jelas merugikan kesehatan, namun selain itu ada kerugian lainnya, yakni masalah ekonomi. Para pelajar pada umumnya adalah orang-orang yang masih tergantung secara ekonomi kepada orang tua. Hal ini tentu saja akan menambah berat beban yang harus ditanggung orang tua. Terlebih saat ini banyak juga wanita dan remaja putri yang merokok.

Faktor utama yang menjadi penyebab pelajar merokok adalah lingkungan. Masa remaja yang penuh dengan rasa ingin tahu membuat mereka ingin mencoba banyak hal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rokok mengandung nikotin yang mengakibatkan kecanduan. Maka sekali merokok, akan sulit untuk berhenti, kecuali ada kemauan yang keras dan bantuan dari lingkungan. Hal yang kedua ini tentu tidak akan didapatkan ketika para pelajar berada dalam lingkungan perokok. Bahkan banyak diantara para pelajar yang menganggap bahwa pria yang tidak merokok itu tidak jantan. Hal inilah yang menyebabkan para pelajar banyak yang menjadi perokok, dikarenakan rokok merupakan salah satu dari ajang mereka untuk mengaktualisasikan diri mereka. Sebagai simbol bahwa mereka adalah orang gaul dan eksis.

Cara Berhenti Merokok / Cara Mengatasi agar Terhindar Rokok

Bahaya dan Akibat Merokok Bagi Kesehatan

Banyak yang mengatakan berhenti merokok sangat sulit. Ada yang mengatakan lebih baik berhenti makan daripada berhenti merokok. Hal itu terjadi karena merokok sudah di anggap lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, mereka juga menyadari dalam asap rokok mengandung 4.000 zat kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan dirinya dan keluarga.

Berikut tips dan trik cara berhenti merokok :

1.      Ganti permen nikotin dengan permen karet atau permen mints sehingga menghilangkan aroma rokok pada mulut. Hilangnya rasa rokok pada mulut akan membuat kitamelupakan rokok untuk seterusnya.
2.      Buatlah kegiatan lain untuk mengisi waktu luang. Misal sehabis makan, kita bisa mengunyah permen atau makanan penutup. Saat ngeblog, kita bisa makan kudapan. Saat antre kendaraan, kita bisa browsing atau membaca buku. Tidak mudah memang, tetapi bila dilakukan dengan tekad penuh maka akan mudah untuk  dilakukan.
3.      Berolahraga dan minum cukup air akan membantu kita melupakan rokok. Aktivitas ini akan membuat tubuh kita tambah sehat dan membantu mengeluarkan toksin serta zat beracun lain dari tubuh. Olahraga bisa dilakukan dilingkungan yang banyak orang sehingga kita juga bisa bergaul.
4.       Jauhi material terkait rokokJauhi segala macam material (bahan) yang menggugah selera merokok seperti korek api, asbak. Karena jika benda-benda tesebut berada di sekitar, bukan tidak mungkin akan memicu kembali gairah untuk merokok.
5.      Bulatkan tekad
Begitu berencana untuk berhenti merokok, buatlah sebuah harapan dan target dalam sebuah catatan pribadi. Setiap kali merasa menyerah pada godaan, buka kembali catatan pribadi untuk mengingat akan tujuan awal.
6.      Berpikir positif 
Pikiran memegang peranan vital dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita seseorang. Tanamkan selalu dibenak bahwa kita mampu dan bisa untuk melepaskan godaan-godaan merokok.

Kesimpulan Tentang Bahaya Merokok | Akibat dan Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Rokok adalah produk berbahaya yang didalamnya terdapat 4000 zat kimia yang berbahaya. Merokok dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Ada banyak sekali penyakit yang di akibatkan oleh rokok diantaranya adalah penyakit jantung, kanker paru-paru dll. Merokok itu tidak hanya merugikan bagi pelakunya saja, tapi juga bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Sehingga rokok ini sangat merugikan, baik bagi pelaku sendiri maupun bagi orang lain di sekitarnya. Kegiatan merokok bisa diatasi dengan berbagai macam cara diantaranya dengan mengisi waktu luang dan berolahraga yang teratur, dan tentu yang paling penting adalah bulatnya tekad bagi seorang perokok untuk berhenti merokok.

Sumber | Spesial thanks to : Mariatulannisa


37 komentar:

  1. apakah sy boleh tahu sejak kapan bahaya merokok yg berakibat seperti dimaksud diatas ? sdh ada berapa orang perokok yg sdh mengalami seperti itu ? pikir sy kok aneh aneh ya orang Indonesia ini bisa2 nx membuat karangan,bila ingin jadi orang jujur mestinya mengeluarkan pendapat dsb hingga saat ini dengan ratusan juta orang merokok tidak ada yg mengalami seperti itu berani beraninya mengarang ngarang ,Yg bisa merasakan itu mestinya yg melakukan,merasa dlm hal ini perokok sendiri dan nyatanya para perokok tdk pernah mengalami seperti diatas,sedangkan yg sama sekali tidak pernah melakukan juga tidak pernah mengalami membuat karangan karangan yg aneh anah,dari pada menumpuk DOZA BEZAR mengarang yg bukan sebenarnya yg hanya mendasarkan ketidak senanganya saja sy pikir itu lebih baik.Mari kita buka nalar yg bener itu KATANYA ATAU NYATANYA,disini bisa dibuktikan merkok dapat menimbulkan hal negatif diungkat oleh para KATANYA,sedang NYATANYA oleh para pelakunya/para perokok tidak ada yg mengalami seperti apa yg dikatakan oleh para katanya,inilah yg sebenarnya lebih baik.Tolong sadarlah untuk diri masing masing kalo sebenarnya tidak pernah terjadi sesuatu jangan ungkapkan yg tidak tidak dan jaga hal itu yg bisa bisa nantinya apa yg diungkapkan ttg hal2 negatip itu berdampak pada diri anda sendiri ataukeluarga anda.

    BalasHapus
  2. cukup bahaya ajdi perokok...apa bisa saya berhenti merokok..

    BalasHapus
  3. thank u, memang benar merokok berbahaya saya sudah merasakannya, saya mulai merokok sejak smp dan sekarang gejalanya telah ada seperti yang dituliskan diatas

    BalasHapus
  4. terimakasih atas infonya
    apa yang dituliskan tentang rokok itu memang benar, karna saya sendiri telah merasakannya, saya telah merokok sejak kelas 1 SMP dan gejalanya sudah mulai muncul seperti yang dituliskan diatas

    BalasHapus
  5. bila tdk senang merokok cukup diri sendiri atau mingkin keluarganya sj,gak perlu buat blog dan sebagenya,toh tdk terbukti masih saja ngotot.Skrg saya tanya,kasian gak dgn org kena penyakit,misal kanker payu dara(baca 10 manfaat merokok bagi kesehatan manusia)sdh jelas jelas perokok tidak ada yg mengalami seperti itu di koar koar kan terus,berkata tidak sebenarnya apa yg tidak diketahui yg sebenarnya menurut agama apakah tidak ber dosa ?

    BalasHapus
  6. Buat anonymous di atas yg bicara ttg dosa : ente perokok yaa ? ente ngerasa berdosa ga kalo ngerokok ditempat umum ? itu dosa juga tau. Siapa bilang artikel di atas cuma KATANYA, itu NYATANYA bung, sudah ada buktinya, mungkin ente aja yang menutup mata dan telinga biar tetep nyaman merokok.
    http://health.detik.com/read/2013/09/27/164256/2371636/763/riskesdas-2010-kematian-terkait-rokok-diperkirakan-190260-kasus

    BalasHapus
  7. Gan Thanks Dah Ngasih Tau,Gue Ngerokok Dari Kelas 4 SD,Dan Sekarang Gue Pingin Hilangin Itu Semua,Gue Mau Diri Gue Berubah Dan Menjadi Suskes Demi Ngebahagiain Orang Tua,Dan Keluarga Besar Gue...
    Thanks Gan (Y)

    BalasHapus
  8. dampak dari merokok tidak langsung sekaligus tapi dampak nya berjangka panjang Bisa bertahun" bahkan Puluhan tahun,
    terasa dampak nya tidak akan terasa langsung tpi suatu saat nanti dampak nya akan sangat terasa dan pasti yang akan di katakan adalah "SAYA MENYESAL MEROKOK" !

    Jadi bagi orang yang beranggapan bahwa merokok itu tidak berbahaya maka pendapatnya Salah Besar !

    BalasHapus
  9. ada gak hasil riset yg membuktikan kalau rokok itu membahayakan...? ingat ya riset dari beberapa ahli di bidangnya... link yg diberikan si anonymous ga ada tuh....dasar pendusta....

    BalasHapus
  10. Banyak orang keras kepala, biarin saja entar yg rugi juga dia sendiri, yg penting kita sehat gak merokok.

    BalasHapus
  11. Banyak orang keras kepala biarin saja entar yg rugi juga dia sendiri yg penting kita sehat ga merokok

    BalasHapus
  12. merokok sama dengan nabung penyakit

    BalasHapus
  13. ternyata rokon sangat tidak baik untu kesehatan, trus kenapa saya teliti yang ada di kapung saya rata2 org yg masih hidup adalah org yang merokok dan org2 tua yang tidak merokok sudah tidak ada gan mohon pencerahanya

    BalasHapus
  14. bagus sekali gan.. ijin repost ke blog saya ya untuk tugas kampus saya:)

    BalasHapus
  15. kacian deh org yg berkoar koar terus mengatakan rokok bahaya dan bahaya,kalo iya mestinya banyak yg berhenti merokok,tapi buktinya yg merokok lebih banyak dan selalu bertambah alias tidak menggubrik orang yg menipu dengan berkata yg tidak sebenarnya,kacian sekali,kalo nggak senang gak usah berkoar koar terus toh kenyataanya tidak pernah terbukti dan bahkan justru org yg tidak merokok banyak terkena penyait dan banyak yg mati di usian tidak tua,beda dengan yg biasa merokok tidak mengalami sakit apa apa alias sehat dan umur panjang bisa menunggui cucu.

    BalasHapus
  16. mungkin belum, coba cek kesehatan deh apa masih sehat tubuh orang yg merokok. orang merokok sehat? kalau sehat bisa ga orang yang ga merokok itu berenti merokok?

    BalasHapus
  17. kaciaaaaan kacian ! otak org punya ide suka NGOTOT ,antara merokok atau tdk biar aja semua sdh tahu resiko masing2.Bagi sy yg merokok sdh 40 th tdk lah seperti yg digambarkan org yg tdk merokok/pembenci rokok tsb.bahkan sy pribadi dpt mengetahui justru para teman yg tdk merokok juga sgt benci rokok malahan terkena penyakit yg tdk mungkin bisa sembuh,kebanyakan kencing manis,kacian kacian,istrinya cantik tdk bisa mengumpuli karena sakitnya dan dlm kondisi menderita hanya nunggu kematian.Sedangkan teman2 yg merokok satupun tdk ada yg kena penyakit tsb.nilai sendiri dan buktikan dilingkungan anda masing2.

    BalasHapus
  18. Bebaskan Indonesia dari rokok
    http://www.youtube.com/watch?v=yHTdZ4zdGPw

    BalasHapus
  19. Saya ada tips untuk hilangkan ketagih merokok nih,,page fb ; house of healthy & beauty.

    BalasHapus
  20. Bagi kalian yang telah berkomen2 ria pada dasarnya kalian berarti kalian bisa membaca komentarkan ? Kenapa kakian tidak membaca pada setiap iklan rokok dan tiap bungkus rokok ? Apakah mungkin terdapat penyakit baru yang mengakibatkan buta aksara pada saat membeli dan melihat semua iklan rokok........

    BalasHapus
  21. boleh di copy tidak artikel penting ini :D

    BalasHapus
  22. Bagi para perokok, orang yg tidak merokok bisa lebih terkena penyakit karena KALIAN PARA PEROKOK MENYEBAR ASAP ROKOK, karena asap rokok lebih berbahaya. Rokok mengandung zat2 yg dapat menyebabkan penyakit, dan rokok itu kalian bakar, dan asapnya yg berbahaya menyebar penyakit. Jika alasan kalian tidak ada info yg jelas atau bukti yg jelas, KALIAN BODOH. Jaman ini sudah modern, gunakan internet untuk mencari info, sekarang juga banyak dokter untuk dimintai informasi. Pergilah ke rumah sakit yg terkenal kalau perlu sampai ke luar negeri, tanya dokter manapun yg berpendidikan, pasti menjawab rokok itu berbahaya.
    Bacalah juga dibungkus rokok yg kalian beli, pasti ada penyakit yg disebutkan karena merokok.
    Kalian hanya masa bodoh dan kalian juga dibodohi, mengapa membakar2 uang. Kalian terkena penyakit alias mendapat kerugian, dan pabrik yg membuat rokok mendapat keuntungan

    BalasHapus
  23. setujuuuu, mbok yaa kok anonymous yg perokok itu bodoh banget gitu loh~
    jelas2 di iklan rokok ada tulisan "PERINGATAN! ROKOK DAPAT MENYEBABKAN KEMATIAN" masih aja ngotot bilang rokok itu bikin sehat, bikin panjang umur. jidat lu panjang

    BalasHapus
  24. Semua Koment Di Atas Benar Semua , Tidak Ada yang Salah , Jadi Siapa yang Salah ya ??? , yang salah sepertinya Pemerintah , kenapa pabrik Rokok dan Saham Rokok yg tertanam di negeri ini dibiarkan tuk terus berkembang ,. klo ingin menjadikan Negeri ini sehat Polusi sebaiknya di tiadakan itu yg Namanya PABRIK ROKOK ,. ini hny sedikit pastisipasi komentku dari Si PEROKOK AKTIF yg Mencoba berhenti tapi ternyata tak semudah kata-kata Mutiara ...

    BalasHapus
  25. merokok membuatmu sengsara? biar la kawan lo pada merokok ? yg perlu kau cpai masa depan

    BalasHapus
  26. nama ;choirul arifin
    saya dulu perokok hingga usia 39thn..Di Saat saya merokok Saya jg imbangin dgn berolah raga, misalnya Berlari ,bola,bersepeda dll.memang bisa berolah raga tapi NAFAS Saya tdk bagus,Sering Sakit Dan Tdk Bisa Olah Raga Dgn Benar,Sebentar Sebentar Berhenti karena NAFAS Yg Tidak Teratur Dan Sakit Di Bagian Dada Sebelah Kiri Saya.....Terus Saya Berhenti Meroko ! 6 bulan Berselang Saya merasa Badan Saya Makin Kuat,Jantung Dan angota Tubuh Saya ...Terus Saya Mencoba Berolah Raga LARI dan mencoba mengikuti half marathon pd tgl 8 september 2013 pertama kali saya berlari sejauh21km...ternyata NAFAS saya dan jantung saya sangat kuat Bahkan saya tidak merasakan adanya sakit di daerah dada kiri saya...trs mencoba mengikuti marathon pada tgl 10november2013 sejahu 42km..hasilnya pun sangat sangat memuaskan..hingga saat ini saya aktif mengikuti olah raga lari...Berkat saya Berhenti MEROKO dan Saya Merasa NAFAS saya lebih segar..Kesehatan saya pun Lebih Baik..tangan ,pakaian ,mulut saya tidak bauh ROKOK lagi..Kini saya merasakan nikmatnya NAFAS saya yang Bersih..gigi yang sehat dan Selalu percaya diri dalam bergaul..Kini saya menjadi Seorang yang Sehat ....salam dan terima kasih...

    BalasHapus
  27. bahaya merokok memang sangat banyak sekali untuk kesehatan, dan salah satunya merokok dapat meyebabkan penyakit kanker paru-paru. jadi bagi para perokok sebaiknya mulai berhenti dari sekarang agar tidak menyesal kemudian. nice info

    BalasHapus
  28. yg bukan perokok tidak tahu bagaimana susahnya berhenti merokok..jadi kalian dgn gampangnya menyebut para perkokok adalah orang yg bodoh! begitu jg sebaliknya, bagi para perokok,,comment nya hanya mencari alibi dan pembelaan kepada diri sendiri bahwa merkokok itu tidak berbahaya.

    BalasHapus
  29. merokok memang tidak baik untuk kesihatan tapi merokok teman baik untuk kesihatan hati yang sedang kerunsingan..

    BalasHapus
  30. merokok memang membahayakan. ad yg bertanya : kenapa kalo merokok membahayakan, masyarakat masih aj tuh merokok. answer : ya kalo namanya udah kecanduan, mana bisa berhenti merokok. bisa sih berhenti, "kalau" org tersebut punya tekad/kemauan untuk menghindari/berhenti merokok. coba aj di search di google, tentang akibat merokok, pasti semua website menulis"bahaya merokok bagi kesehatan tubuh" memang rokok itu tidak baik untuk kesehatan, sudah terbukti kok. masih tidak percaya?! : tanya dokternya langsung :D . awalnya, efek dari merokok memang tidak terlihat dari luar tubuh, tapi di dlm tubuh mulai berkembang berbagai penyakit dr rokok tersebut. yang paling sering di keluhkan adlh masalah pernafasan. Bila tetap di paksakan merokok, maka akn berakibat fatal. ya seperti yg d katakan d artikel tsb. Banyak penyakit yang mengerikan timbul. Intinya boleh merokok, asal jgn menghabiskan 10-20batang/hari, jadilah perokok ringan (y)( bagi yang sudah kecanduan aj y.. yg belum jgn nyoba ). fr : Cn

    BalasHapus
  31. sejak kapan merokok tidak membahayakan!? hahaha.. lucu ente.. yg perlu di kasianin itu adlh ente sendiri. yang pasif aj kena apalagi yg aktif . eh buset dah.. nggak rajin baca ya !? :D

    BalasHapus
  32. 1 thn sudah q gak merokok tubuh terasa lebih sehat dan bugar .
    fakta yg gua rasakan

    BalasHapus
  33. ternyata rokok sangat tidak baik untu kesehatan, trus kenapa saya teliti yang ada di kapung saya rata2 org yg masih hidup adalah org yang merokok dan org2 tua yang tidak merokok sudah tidak ada gan mohon pencerahanya...

    BalasHapus
  34. Jadi takut juga....
    Cara apa ya yang paling ampuh menghilangkan ketagihan merokok??

    BalasHapus
  35. Ngeri juga ya .. selain berbahaya bagi perokok nya juga berbahaya bagi penghisap rokok nya

    BalasHapus
  36. Ngeri ya bahayanya. Berarti rokok mengandung racun yg pelan2 merusak organ tubub manusia.

    BalasHapus
  37. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah pengetahuan kita tentang bahaya merokok bagi kesehatan dan mulai bergerak melakukan hal yg berdampak manfaat buat diri dan lingkungan. Barakallah

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status