Bagian-bagian pada gardan mobil - Gardan merupakan salah satu komponen mobil yang cukup vital dan penting, ia berfungsi sebagai penerus putaran dari mesin ke roda belakang. masalahnya terkadang terdapat masalah pada gardan yang mengharuskan mobil anda memasuki garasi bengkel. untnuk itu anda mungkin perlu mengetahui apa saja komponen komponen pada gardan beserta penjelasannya.
penasaran apa saja bagian dan komponen yang melekat pada gardan mobil anda. simak ulasan lengkap tentang dunia otomotif khususnya bagian gardan dibawah ini. diharapkan anda memahami dan bisa servise/memperbaiki sendiri mobil anda tanpa harus mengeluarkan biaya untuk ke bengkel. nah penasaran langsung saja . . .
penasaran apa saja bagian dan komponen yang melekat pada gardan mobil anda. simak ulasan lengkap tentang dunia otomotif khususnya bagian gardan dibawah ini. diharapkan anda memahami dan bisa servise/memperbaiki sendiri mobil anda tanpa harus mengeluarkan biaya untuk ke bengkel. nah penasaran langsung saja . . .
1. Rel Axle Housing
Bagian ini dapat dikatakan sebagai tumpuan berat dalam muatan mobil. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada dibagian roda belakang, khususnya pada mobil-mobil muatan atau jenis minibus.
2. Gasket.
Bagian yang digunakan untuk menghambat kebocoran oli gardan bagian ini juga penting. Kalau bocor akan mengakibatkan pelumasan pada gigi gardan tidak sempurna yang buntutnya kerusakan pada gigi gardan
3. Differential Carrier.
Gigi differential dipasang pada bagian ini. Untuk penyetelan ulang atau penggantian gigi baru bagian ini delepaskan dari differential housing.
4. Drive Pinion Gear Kit.
Differential Ring gear dan drive pinion gear kit. Dinamakan kit karena untuk memperbaiki differential cukup dengan mengganti bagian bagian ini.
5. Bagian Differential Carrier
Bagian dari differentian carrier ini untuk memancing salah satu sisi dari bearing ring gear.
6. Bearing
Kedua bearing yang mengancing drive shaft ini harus diganti kalau waktu membongkar
tampak ada titik titik hitam atau sudah berwarna kehitaman.
7. Oil Seal
Bagian ini yang terletak di bagian ujung dari differential housing ini berfungsi mencegah agar oli tidak habis. Kalau Anda menemukan di sekitar bagian ini ada basah akibat rembesan oli sebaiknya segera mengganti seal baru.
8.Universal joint Flange
Bagian ini adalah bagian yang meneruskan putaran propeler shaft differential disamping itu ia juga berfungsi sebagai penyumbat agar oli tidak keluar.
9. Differential pinion
Differential pinion ini atau montir menyebutnya gigi satelit. Gigi ini yang mengatur supaya pada saat mobil menikung kecepatan roda kiri dan kanan bisa saling menyesuaikan diri.
10. Mur pengancing drive shaft
Mur pengancing drive shaft ini sering kurang diperhatikan. Tidak terlintas untuk memeriksa apakah masih terkancing dengan baik terutama pada mobil muatan.
Nah, itu tadi sedikit info mengenai bagian bagian gardan mobil lengkap. semoga sedikit info otomotif diatas bisa membantu anda dalam mengetahui bagian mobil anda lebih dalam.
0 komentar:
Posting Komentar