Daftar Aliran Sesat di Indonesia Versi MUI Terbaru, Lengkap

Ditulis :
Aliran Sesat di Indonesia - kini banyak sekali bermunculan berbagai macam aliran baru terutama yang mengatasnamakan islam yang terdapat di indonesia ini. maka dari itu kita akan membahas daftar nama nama aliran sesat yang ada di indonesia versi MUI terbaru dan terlengkap agar anda tidak terpeleset dan tetap lurus dengan akidah islam yang benar.

Aliran-aliran baru juga mulai menyusuri daratan Indonesia yang memang mayoritas muslim terbesar di dunia. Sesat/kesesatan yang berarti dhalal (dalam bahasa arab) yaitu setiap bentuk penyimpangan dari jalan yang dituju (benar) dan setiap yang berjalan bukan pada jalan yang benar. Qolallahu ta’ala : ”setiap yang diluar kebenaran itu adalah sesat”.(QS. Yunus:32). Adapun sebab munculnya aliran-aliran sesat di Indonesia:

- Bertujuan untuk menghancurkan akidah umat Islam Indonesia karena adanya kekhawatiran bahwa peradaban Islam akan kembali berjaya seperti Dinasti Abassiyah.

- Mencari popularitas bagi para pendiri aliran-aliran sesat ini.

- Terlindungi oleh UU pasal 28E ayat (2) yang berisi : “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pelajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkanyan serta berhak kembali”.

- Kurangnya keimanan dan ilmu agama islam yang akhirnya berakibat pada penafsiran alquran dan hadist yang salah.

- Frustasi yang dirasakan umat akibat kondisi keterpurukan ekonomi, dll.
Dalam praktik, kesesatan itu tidak dianggap sesat walaupun dilaksanakan ramai-ramai ada pula kelompok yang secara nama islamis, namun justru malah menyesatkan 

Nah, langsung saja kita simak siapa saja yang mengajarkan aliran dan akidah tidak benar atau menyimpang dari agama islam yang diajarkan nabi kita Muhammad SAW, simak ulasan dan info lengkapnya dibawah ini . . .

Daftar Aliran Sesat di Indonesia Terbaru, Lengkap :


Lia Eden

Lembaga Kerasulan.

Al-Qiyadah Islammiyah

Pluralisme Agama, Jaringan Islam Liberal

Abdul Rahman

Komunitas Penimbrung Qur’an Sunnah

Ahmad Sayuti Sang Nabi Baru asal Bandung

Ahmad Mushaddeq - sang rasul

Baha'i

Ahmadiyah

Isa Bugis

Sepilis - Sekularisme Pluralisme Liberalisme

Aliran Masuk Surga ( AMS)

Natalan/Doa Bersama

LDII

Sholat 2 Bahasa

Menembus Gelap

Jamaah An Nadzir

Satrio Piningit Weteng Buwono 


Syafaatus Sholawat

Al-Wahidiyah

Islam-Sejati


Mengapa aliran aliran sesat di atasa bisa masuk kedalam fatwa sesat MUI, hal ini dikarenakan MUI tidak sembarangan dalam mengeluarkan fatwa sesat kepada agama agama baru terutama agama sesat yang mengatasnamakan islam, nah berikut kriteria MUI dalam mengeluarkan fatwanya :


1. Mengingkari salah satu rukun iman dan rukun islam.
2. Meyakini dan mengikuti akidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’i (Al-Qur’an dan As-Sunnah).
3. Meyakini turunya wahyu sesudah Al-Qur’an.
4. Mengingkari autentisitas dan kebenaran Al-Qur’an.
5. Menafsirkan Al-Quran tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.
6. Mengingkari kedudukan hadist Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
7. Menghina, melecehkan, dan merendahkan Nabi dan Rasul.
8. Mengingkari Nabi Muhammad saw. sebagai Nabi dan Rasul terakhir.
9. Mengubah, menambah, dan mengurangi poko-pokok ibadah yang telah ditetapkan syai’at.
10. Mengafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i, karena bukan termasuk kelompoknya.

Nah, itu tadi sedikit mengenai aliran sesat yang mengatasnamakan islam sebagai landasan agama mereka. semoga daftar aliran aliran sesat di Indonesia yang dirilis MUI diatas bisa bermanfaat dan semoga mereka diberikan taufik dan hidayah agar berada di jalan yang benar, amiinn. baca juga artikel islami lainnya tentang Contoh khutbah jumat.


Khamid QuraysAbout Author : Khamid Qurays

Terima kasih Anda telah membaca : Daftar Aliran Sesat di Indonesia Versi MUI Terbaru, Lengkap. Kami selaku admin memohon dengan kerendahan hati untuk menyertakan link sumber di bawah ini jika Anda berminat memposting ulang artikel ini di blog Anda. semoga info yang Anda dapatkan bermanfaat.

DMCA.com

{ 30 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Kenapa LDII tidak masuk daftar, padahal memenuhi syarat dicap sebagai aliran sesat sebagaimana kriteria no. 10 (mengkafirkan muslim di luar golongannya)

Anonymous said...

nabi muhamad itu khtaman nabi di tafsikan nabi dan rosul terakir. padahal nabi muhamad saw besabda tiap seratus tahun Allah mengutus ujtk memurnkn islam.

Anonymous said...

dengan hadirnya fatwa tersbut stidknya kta dpat mengetahui bahwasanya aliran2 yng bnyak muncul pda saat ini perlu sangat dwaspadai,,,,tank,ss

uci aulia said...

bukankah LDII tidak mengerjakan 10 kriteria yg tertulis tadi, namun mengapa LDII dikatakan sesat? apakah kalian punya bukti yang kuat kalau LDII itu sesat? lalu mengapa LDII masih diterima di Indonesia kalau seandainya sesat? lalu bagaimana dengan mayoritas orang-orang sekarang yang tidak menomor satukan sholat? mereka mengaku islam, berKTP islam, tapi tidak sholat, padahal tau hukumnya, apakah itu tidak boleh dikatakan KAFIR? lalu dikatakan apa dong? coba buka al-qur'an, apa arti kafir,,, orang-orang yang tau hukum tapi ingkarkan?
bagaimana anda menjelaskan pertanyaan saya. tolong dijelaskan semaksimal mungkin. terima kasih

Info Terbaru said...

pertama LDII sudah berganti nama bolak-balik karena sebenrnya aliran ini pernah dikatakan sesat oleh MUI sendiri, kedua yang mengatakan LDII sesat adalah MUI yg telah mengerjakan beberapa riset kegolongan mereka, jadi beberapa org yg tidak mengetahui tentang mereka pasti akan mendukung, karena golongan ini benar'' bersembunyi didalam kulit mereka yg bagus, jadi saya berharap anda mau meneliti kembali agar anda tau dimana letak kesalahan mereka, hal ini dikarenakan sya juga mempunyai beberapa teman mantan atau eks golongan mereka

Info Tercepatku said...

Masalah mengkafirkan orang itu urusan pemimpin kita,,kecuali dia jelas'' melakukan hal'' yg bisa membuat dia murtad,,maka kita boleh bilang dia kafir tanpa keputusan dri pemerintah ato siapa yg ditunjuk dlam mslah ini,,mungkin seperti MUI adalah pihak yg ditunjuk oleh pemerintah

Mohamad Syaifullah said...

kalau ldii bisa dikatakan sesat lalu islam yg lain juga sesat donk..
islam yg murni berpegang teguh dgn pedoman Al'Quran dan Hadits bisa di katakan sesat, aq juga bisa bilang NU,Muhammadiya,dan lainnya ajaran islam di dunia jadi sesat

Anonymous said...

saya pernah ikut pengajian ldii, nama acaranya berbeda dengan isinya.
Ldii itu mengajari qu'ran hadist jama'ah yg artinya qur'an hadist dari golongannya saja yg dianggap benar
saya seorang bukan warga ldii sangat merasa tersinggung

yuliono said...

kalau Syiah kenapa tidak termasuk? sedangkan mereka menghina dan melaknat para sahabat. Menganggap Ali sejajar dengan Allah. Tidak menganggap sempurna Alqur'an dll.

Clay Lilis Taneuh Sunda said...

Astagfirullah al adzim

Anonymous said...

Kok Syiah di Indonesia tidak digolonglan nsebagai aliran sesat pada hal mencaci maki istri nabi, Khalifah Abu Bakar Sidiq, Khalifah Umar bin Khotob, dan Khalifah Usman bin Affan. MUI harus berani tegas untuk menyatakan aliran mana saja yang sesat dari ajaran Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.agar ummat islam tidak banyak yang terjerumus ke dalam aliran tersebut.

Anonymous said...

Agar tidak sesat, kembalilah ke Al-Quran dan Sunnah. Walau karihal kafirun, walau karihal musyrikun.

Anonymous said...

kalo udah tau smua aliran itu sesat pertanyaan ku adalah: knapa gak cari aman aja sih,,?? mksudnya knapa smua orang gak masuk ke NU aja sih. toh NU juga mrpkn organisasi islam resmi di indonesia. daripada kita masuk aliran lain yang bukan resmi. apalagi kita blum tau aliran tsb adalh aliran yang paling benar untuk menganut islam.

Template Booklet Company Profile said...

aya yang jelas aliran yg benar Islam NU :)

aceng said...

tentang KBAKI....gmna tggapan nya

aceng said...

pendapat tentang KBAKI keluarga besar keagungan illahi.
gmna?

Anonymous said...

NU adalah aliran Islam yang menganut Ahlussunah Wal Jama'ah. Aliran ini mayoritas dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia.Dan banyak tradisi WaliSongo seperti Yasinan,Tahlilan sebagai sarana dakwah islam.Agar masyarakat jawa tidak kaku dengan Islam.Maka kita harus berterima kasih kepada Walisongo yang telah menyebarkan Islam di Nusantara.Rasa terimakasih kita sampaikan dengan cara tawasul dan tetap melaksanakan tradisi walisongo yang sekarang dilanjutkan oleh NU. Maka NU adalah terbaik.....

Allabus Royan said...

hahahaa mui ini ada ada aja. LDII mana ada aliran sesat, LDII itu organisasi masyarakat islam yang menaungi masyarakat muslim indonesia dengan mempelajari Al-Qur'an dan Al-Hadist secara menyeluruh tanpa mencampuri dengan Bid'ah Khurofat Tahayul dll yg sifatnya menyekutukan Allah. bahkan warga LDII sangat menjunjung tinggi kemanusiaan. hehee jadi sesatnya dimana? hayoo... Wong LDII itu bukan aliran kok apalagi agama? yah gak ada kata sesat lah :D salam 354

Anonymous said...

Bagi anda yang bilang syi'ah itu sesat, itu bisa dikategorikan fitnah dan sungguh awam. Harus tau dulu sejarahnya, baru komen sesat atau tidak terserah anda.

Anonymous said...

Menurut al quran orang sesat itu orang yang suka iri,dengki,bohong,marah,berantem,judi zinah,mabok,resah gelisah alias syetan yang berwujud orang...nah syetan dipastikan kalo melaksanakan syariat islam juga jumudun alias hilang kemanusiaannya

Anonymous said...

salah satu peninggalan nabi muhammad SAW, ahklaqul karimah. DLL

ronaldo salvian said...

agamamu agamamu, agamaku agamaku, mari kita perbaiki dulu iman dan islam kita, daripada kita terus berdebat suatu hal yg dapat menimbulkan perpecahan sesama muslim...

Anonymous said...

ahaha..yang agamanya sama aja bertengkar, harus rukun dulu dong baru bisa komentari agama orang lain. liat diri sendiri dulu sudah sejauh mana keimanan kamu, jangan menilai keimanan seseorang yang belum tentu kamu tau secara pasti tentang agama yang dia anut. dan jangan salahkan dan nilai agamanya menurut sisi kamu saja, liat juga sisinya, serta nilailah orangnya. karena apapun agamanya, semua nya itu mengajarkan tentang hal hal kebaikan, bukan keburukan. tinggal tergantung bagaimana setiap orang menafsirkannya sesuai dengan pemahamannya sendiri. semoga bisa dimengerti yahh..

Juragan said...

Setuju....agamamu agamamu, agamaku agamaku, jangan kita sembarang mencap suatu aliran adalah SESAT..apalagi kalau kita tidak bisa menunjukkan aliran yang benar yang dalilnya hanya ada SATU dan dapat menimbulkan perpecahan sesama muslim...

Hendy said...

Yang paling saya benci adalah menganggap dirinya/golongan paling benar dan yang lain (diluar kelompoknya) adalah kafir, maka hati-hatilah bergaul dengan yg demikian.

Anonymous said...

pengikut ldii emang diajari sholat dan ngaji yg rajin dan tertib, tapi diajrai akidah yg salah tdka sesuai tuntunan quran dan hadits. jadi ya tetap sesat, sesuai kriteria no. 2 dan 10

Anonymous said...

yang bisa menilai cuma allah swt. jadi kalian gabisa gampang gitu aja menghina atau mengecap aliran atau agama apapun itu sesat. toh di akhirat nanti yang akan menilai allah.
bukan kalian

Anonymous said...

Biasanya gol sesat itu merasa dia sudah sangat benar dan akan menganggap orang yang mengatakannya sesat tidak mengetahui apa-apa.

Anonymous said...

aduh gmn nh.. saya baru mengikuti pengajian LDII. sesatnya dmn..?? saya takut..

fansbite said...

LDII sesat. Kalo udah ikut pengajiannya jangan ikut lagi bro. Mereka yang sesat ini berlindung dibalik pemerintah. Jadi ati ati. Kok SYIAH gak termasuk ya. Aneh

Post a Comment