Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Menyehatkan

Kecerdasan seseorang tidak hanya ditentukan karena faktor keturunan ataupun kerajinan saja. Pola makan ibu ketika mengandung ternyata sangat mempengaruhi. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa ibu hamil yang kurang mengonsumsi yodium berisiko melahirkan anak dengan IQ rendah.

Para peneliti di Universitas Bristol dan Surrey menemukan sekitar dua pertiga dari 1.040 ibu hamil yang diteliti mengalami kekurangan yodium. Para ibu ini cenderung melahirkan anak dengan IQ yang lebih rendah. Semakin rendah kadar yodium yang dikonsumsi, semakin rendah pula IQ dan kemampuan membacanya.

Untuk memastikan mendapat asupan yodium yang cukup, ibu hamil sebaiknya memakan produk susu dan ikan, serta minum susu. Tapi peneliti memperingatkan konsumsi suplemen rumput laut karena mengandung yodium dalam kadar yang berlebihan. 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet ini menggunakan sampel dari proyek penelitian bernama 'Children of the 90s', yaitu proyek penelitian jangka panjang yang melibatkan 14.000 ibu hamil selama tahun 1991 - 1992. Kesehatan dan perkembangan anak-anak dari para ibu ini terus dipantau sejak saat itu.

"Wanita hamil dan yang merencanakan kehamilan harus memastikan asupan yodiumnya memadai. Sumber makanan yang baik adalah susu, produk susu dan ikan. Wanita yang menghindari makanan tersebut sebaiknya mencari sumber alternatif. Suplemen rumput laut harus dihindari karena memiliki kadar yodium yang berlebihan," kata dr Sarah Bath, seorang ahli gizi.

  Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Menyehatkan

Artikel diatas diliput dari detikhealt. kini anda para ibu hamil sudah lebih faham tentang apa saja makanan yang diperbolehkan dan apa saja makanan yang dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. semua asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam wanita hamil atau menyusui memang harus diperhatikan bukan? ini dikarenakan kesehatan sang bayi menjadi taruhannya. makanan ibu hamil harusnya menyehatkan , penuh dengan gizi dan alami serta ringan untuk dikonsumsi sehari-har , untuk lebih detail dan lengkapnya apa saja makanan yang baik untuk wanita hamil, simak ulasan berikut :

Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Menyehatkan :


Buah-Buahan
Selain sayuran, asam folat juga banyak terdapat pada buah. Buah yang paling mudah ditemukan dan dikonsumsi oleh ibu hamil serta kaya akan kandungan asam folat adalah buah pisang. Kamu bisa menjadikan pisang sebagai menu sarapan yang sehat dan kaya akan asam folat yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Dua buah pisang yang dikonsumsi setiap hari mengandung 58 mikrogram asam folat.

Ubi Jalar

Mungkin anda bertanya kenapa ubi jalar menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil? Jawabannya karena ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita, Jadi asupan vitamin A bisa diperoleh dari ubi jalar yang berwarna kuning atau oranye.

Jika mengkonsmsi vitamin A yang berasal dari sumber makanan hewani, seperi hati, susu, telur jika terlalu banyak akan berbahaya. Lain halnya jika vitamin A itu berasal dari karotenoid yang ada pada ubi jalar. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A jika diperlukan saja, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran. Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Ubi juga mudah mendapatkannya dan harganya bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Daging tanpa Lemak

Daging adalah makanan sumber protein tinggi. Jika ingin memakan daging carilah daging tanpa lemak atau lemaknya yang telah dipisahkan. Dilapangan, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas dari lemak.  Jangan makan hot dog, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko dalam makanan seperti ini, karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi.

Kacang-Kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Jenis kacang seperti kacang hijau kacang polong, kacang tanah, kacang panjang dan kedelai direkomendasikan sebagai makanan yang kaya akan asam folat. Mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai menu sarapan atau cemilan sore sejak awal kehamilan bahkan saat merencanakan kehamilan, maka kamu sudah mencukupi kebutuhan asam folat yang bisa membantu perkembangan saraf bayi dalam kandungan, mencegah bibir sumbing dan mencerdaskan bayi.
Sayuran
Untuk mencegah resiko bayi lahir cacat, mulailah banyak mengonsumsi sayuran yang mengandung asam folat. Sayuran berwarna hijau dan kuning banyak mengandung asam folat. Nah, kalau kamu hanya mengenal brokoli, sebagai makanan yang banyak mengandung asam folat tetapi kamu kurang menyukainya,  maka kamu tetap bisa mengasup asam folat dari kentang, kangkung dan daun bawang. Saran untukmu, untuk mendapatkan kandungan asam folat yang baik, sebaiknya sayuran hijau tidak dimasak terlalu matang. Karena kandungan asam folat yang ada di sayuran akan rusak dengan suhu tinggi atau proses memasak  terlalu lama.

Telur

Telur mengandung 12 vitamin dan mineral dan banyak mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. Untuk pertumbuhan sel-sel bayi anda dibutuhkan protein, karena sel-sel bayi terbentuk dari protein. Selain itu protein memang dibutuhkan oleh anda juga ketika hamil.

Nah, itu tadi sedikit info mengenai makanan makanan ibu hamil yang menyehatkan . semoga informasi penting untuk ibu hamil diatas bermanfaat bagi anda.


3 komentar:

  1. Makanan sehat memang diperlukan untuk membantu kesehatan dan kesegaran tubuh, demikian juga dengan ibu hamil tentu perlu perhatian khusus agar dia dan bayinya selalu sehat

    BalasHapus
  2. infonya menarik. satu lagi susu ibu hamil yg baik yg mengandung DHA dan asam folat seperti yang ini http://goo.gl/q4XWIP

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak atas artikelnya.. cool

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status