Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Kelebihan Windows 8 - Windows 8 adalah sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows NT . Pengembangan Windows 8 dimulai sebelum rilis pendahulunya , Windows 7 , pada tahun 2009 . Sistem operasi buatan microsoft ini hadir dalam 3 versi berbeda yaitu windows 8, windows 8 pro, dan windows 8 RT. ketiga tipe tersebut memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dan semua tentu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. namun semuanya memiliki perubahan dan spesifikasi serta fitur yang berubah secara drastis dari para pendahulunya. seolah disini microsoft ingin menunjukkan sebuah perubaha pada sistem operasinya yang baru dengan segudang fitur baru. namun meski begitu terdapat pro dan kontra pada sistem operasi windown 8 ini. beberapa pengguna mengaku puas, beberapa lainnya kecewa.

Windows 8 memperkenalkan perubahan besar dengan platform sistem operasi dan user interface untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada tablet smartphone, pc/komputer, hp dan berbagai macam gadget lainnya ,microsoft melalui os windows 8 nya kini bersaing keras dengan sistem operasi mobile terbaik dan yang sudah lebih dulu populer , termasuk Android dan iOS. Secara khusus , perubahan ini termasuk sentuhan - munculnya tampilan metro UI , sebuah platform baru untuk mengembangkan aplikasi dengan penekanan pada input touchscreen , integrasi dengan layanan online ( termasuk kemampuan untuk sync aplikasi dan pengaturan antar perangkat ) , dan Windows store, sebuah toko online untuk men-download berbagai macam aplikasi baru baik free maupun berbayar. Fitur keamanan tambahan diperkenalkan , seperti built -in perangkat lunak antivirus , integrasi dengan Microsoft SmartScreen phishing layanan penyaringan dan dukungan untuk UEFI Boot Aman di perangkat yang didukung dengan UEFI firmware , hal ini untuk mencegah malware menginfeksi pada saat proses booting .

Sejak peluncurannya windows 8 mendapat banyak kritikan dari belahan dunia dikarenakan membingungkan dan susah dipelajari. Meski begitu , 60 juta lisensi Windows 8 telah terjual , nah dari sekilas informasi detail tentang windows 8 diatas, kami rangkum kumpulan daftar kelebihan windows 8 dibandingkan versi sebelumnya windows 7, juga terdapat kekurangan/kelemahan windows 8 terbaru secara lengkap, langsung saja simak ulasannya dibawah ini . . .



Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 :

Keunggulan/Kelebihan windows 8 :

1. Proses booting/start up yang super cepat

Pada windows 8 proses startup jauh lebih cepat. pada sebuah tes, windows 8 bahkan 2 kali lebih cepat dari pada windwos 7 dari segi proses booting. Windows 8 bahkan mulai lebih cepat dari sistem operasi desktop terbaru milik Apple. Dan itu bukan hanya dalam waktu startup saja. dalam beberapa tes benchmark kinerja windows 8 lebih cepat baik dari Windows 7 atau Mountain Lion. Microsoft telah jelas membuat perbedaan dalam meningkatkan kinerja di Windows 8.

2. Terdapat banyak aplikasi baru di windows store

Sebuah sistem baru dimunculkan dimana seluruh aplikasi bisa ditemui. Windows 8 memberikan pengguna PC di seluruh dunia full-screen yang baru, ramah-sentuh, serta aplikasi Web yang terhubung dan siap untuk dieksplorasi. Dan aplikasi ini baru bahkan dapat menampilkan informasi yang relevan pada ubin layar Start Windows anda, sesuatu yang mustahil di Windows 7 atau hampir semua sistem operasi lainnya. anda bisa mendownload berbagai macam aplikasi di windows store lalau memasangnya di tampilan start menu anda dengan mudah.

3. Tampilan antar muka baru yang lebih dinamis

Antarmuka berbasis ubin atau lebih dikenal Metro UI merupakan inovasi paling menonjol dan populer di windows 8. ini merupakan perbedaan utama yang mencolok antara versi windows 8 dengan versi lama windows 7 ataupun xp, tampilan ini akan menjadi hal pertama yang Anda lihat setelah log in ke Windows 8. Pada pandangan pertama, UI tampaknya sangat intuitif dengan perangkat touchscreen seperti tablet dan smartphone. Memang, dalam perangkat tersebut, Anda menekan pada aplikasi tersebut untuk membukanya. anda dapat menambah dan menghapus aplikasi di dalamnya dengan sangat mudah.

4. Kemampuan pencarian yang meningkat

windows 8 tidak memiliki kotak pencarian di bagian bawah menu Start. namun semua menjadi mudah saat anda membuka start menu dan muncul tampilam metro UI. disitu akan tersedia kotak search, Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan apapun file yang akan anda cari, dan kotak pencarian akan muncul dari kanan dan memberikan hasil. Kemampuan pencarian bahkan lebih bagus dan berkualitas kali ini, windows 8 mampu menampilkan semua aplikasi dan file yang cocok secara instan dan cepat. 


Kelemahan/Kekurangan windows 8 :

1. Tidak ada tombol start menu

Tidak ada tombol Start menu seperti pada pendahulunya windows 7 dan windows xp. ini salah satu yang tidak disukai dan menjadi kekurangan serta kelemahan windows 8 terbaru. banyak yang komplain dan mengeluhkan hilangnya tombol start menu di windows 8. meski sudah diganti dengan tampilan metro UI. namun usaha microsoft sepertinya mendapat respon negatif dari penggunanya di seluruh dunia.

2. Tidak terdapat pilihan mengubah icon pada ubin metro UI

Tidak ada pilihan untuk mengubah ikon sebuah aplikasi pada tampilan metro windows 8 merupakan salah satu yang dianggap gagal dan mengecewakan. icon bawaan aplikasi terkadang tidak cocok dengan lebar ubin mtro UI dan akan terlihat jelek jika dipaksakan. Ketika kita akan menginstal banyak aplikasi maka akan terlihat layar Metro kacau balau berantakan disebabkan oleh icon yang tidak beraturan.

3. Metro multitasking


Jika anda menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.


Nah, itu tadi sekilas info update mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan windows 8 terbaru lengkap beserta penjelsannya. semoga info diatas bermanfaat bagi anda. terima kasih telah menyimak.


1 komentar:

  1. windows 8 juga bnyk tidak support untk aplikasi speti c++ program.

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status