Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh

Qunut biasa dilakukan oleh seorang mslim tatkala sedang melaksanakan sholat subuh 2 rakaat pada pagi hari, pelaksanaannya yaitu pada rakaat kedua sholat shubuh setelah rukuk (pada saat i'tidal). sedangkan Hukum membaca bacaan Doa Qunut adalah Sunnah Muakkad/ab’ad (sunnah yang dikuatkan). jadi meskipun sunnah tapi sangat dianjurkan membacanya bagi kita seorang muslim/islam sebagai tanda keseriusan dan penguat iman. Kata qunut sendiri berasal dari kata qanata, artinya patuh dalam mengabdi (kepada Allah).

Nah, artikel kali ini membahas informasi detail mengenai bacaan doa qunut ketika melaksanakan ibadah shalat subuh, terdapat versi bahasa arab maupun versi tulisan latin beserta arti/makna dan terjemahannya dalam bahasa indonesia lengkap untuk anda, so langsung saja simak dan pelajari dibawah ini . . .

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh :



Dalam Bahasa Arab

doa qunut


Dalam Bahasa Latin 

Allahummahdinii fii man hadaiit, 
wa aafinii fii man aafaiit, 
wa tawallanii fi man tawallaiit, 
wa baarik lii fiimaa athaiit. 
Wa qinii bi rahmatika syarra maa qadhaiit. 
Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. 
Wa innahu laa yudzillu man waalaiit. 
Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. 
Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. 
Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit 
waastaghfiruka wa'atubuilaik 
Wasallallahualasayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Qunut Dalam Bahasa Indonesia 

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. BErilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pda segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engaku beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Yang perlu diperhatikan dalam membaca doa qunut


Beberapa kalimat yang perlu diganti ketika anda bertindak sebagai imam, semua doa dn bacaan qunut diatas dibaca ketika anda melaksanakan sholat secara munfarid, namun ketika anda shalat berjamaah dan bertindak sebagai imam, maka kalimat kalimat tertentu diganti sebagaimana dibawah ini . . .

"Allah humah dini" diganti "Allah humah dina"
"Wa'a fini" 
diganti "Wa'a fina"
"Watawallani" 
diganti "Watawallana"
"Wabarikli" 
diganti "Wabariklana"
"Waqinii" 
diganti "Waqina"

Nah, itu tadi sedikit info dan referensi mengenai bacaan doa qunut beserta arti dan maknanya lengkap yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu anda sekalian. semoga mudah dipahami/dihafal bagi anda yang belum mengerti sekaligus mudah dipelajari untuk kedepannya lebih sempurna lagi dalam menjalankan ibadah sholat subuh. baca juga artikel islami lain tentang Doa Iftitah dan artinya.terima kasih, wass wr wb.

3 komentar:

  1. Alhamdulilah dengan membaca ini saya baru tahu bawa sesunguh alloh telah memberikan jalan terbaik pada hambanya amiin

    Kunjungi web kami di
    www.permataqadri.com

    BalasHapus
  2. Saya sudah lama ingin menulis sesuatu seperti ini di situs web saya sendiri dan sekarang anda telah memberikan saya ide untuk menulis, terima kasih

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Like Us

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status