Daftar 10 Kota Terkecil di Indonesia

Mungkin kita hanya mengenal kota kota besar dan metropolitan saja di negara kita ini. bagaimana dengan kota kecil. banyak sekali kota/kabupaten yang memiliki luas tidak seberapa dan jarang kita ketahui. kecil bukan berarti minoritas atau tidak maju. banyak dari kota tersebut yang cukup bagus dan layak untuk ditempati serta memiliki kualitas ekonomi yang baik. bahkan biasanya dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, hal ini akan memudahkan pemerintahannya untuk mendesain tata letak kota tersebut sehingga terkadang mampu mengalahkan sebagian kota besar lain di indonesia dari segi perawatan lingkungannya.

Nah, dari ratusan pulau dan ribuan kota di indonesia. mana sajakah kota di indonesia yang merupakan kota paling kecil ? jawabannya ada di daftar kali ini. . . .

10 Kota Terkecil di Indonesia :



10. Cirebon

Luas wilayah : 37.36 km2
Jumlah penduduk : 283.929


Cirebon terletak di Provinsi Jawa Barat dan berada di sepanjang pesisir timur Jawa Barat. cirebon dikenal berkat hasil lautnya terutama udang. untuk bahasa sehari hari cirebon didominasi oleh bahasa sunda dan jawa.


9. Pasuruan

Luas wilayah : 36.58 km2
Jumlah penduduk : 165 992


Pasuruan terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pasuruan terdiri dari tiga kabupaten 34 desa dan berada tidak jauh dari ibu kota jawa timur, surabaya. pasuruan juga terkenal sebagai kota santri yang menjalankan budaya sehari harinya secara islami. terdapat banyak majlis ta'lim di seluruh penjuru pasuruan yang menguatkannya sebagai salah satu poros islam di jawa timur.


8. Madiun

Luas wilayah : -
Jumlah penduduk : 200.188


Madiun terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. madiun memiliki perekonomian yang cukup baik dan terkenal dengan makanan khasnya pecel madiun. Di pusat kota madiun juga terdapat industri kereta api (INKA). 


7. Blitar

Luas wilayah : 32.58 km2
Jumlah penduduk : 132.106


Blitar terletak di bagian selatan provinsi Jawa Timur, Indonesia.Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Sukarno. 


6. Yogyakarta

Luas wilayah : 32,5 km2
Jumlah penduduk : 516.296


Yogyakarta terletak di jawa tengah. yoyakarta dulunya ibukota Indonesia selama Revolusi. kota ini mendapat hak istimewa dan dipimpin oleh seorang sultan secara turun temurun hingga saat ini. yogyakarta terkenal dengan desain kotanya yang hijau dan asri serta kualitas hidupnya cukup baik. kehidupan disini cukup tenang dan masyarakatnya ramah.


5. Bukittinggi

Luas wilayah : 25.24 km ²
Jumlah penduduk : 115.244


Bukittinggi adalah salah satu kota di Sumatera Barat, Indonesia . bukittinggi Dapat dicapai dengan sekitar 2 jam perjalanan dengan jalan (90 km) dari Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat.

4. Padang Panjang

Luas wilayah : 23 km ²
Jumlah penduduk : 50,279 jiwa


Padang Panjang adalah salah satu kota di Sumatera Barat, Indonesia. padang panjang memiliki suhu udara yang dingin dan sejuk dikarenakan terletak di ketinggian lebih dari 700m di atas permukaan laut. daerah ini terkenal dengan produksi sayurannya. segala macam jenis sayuran bisa anda temui dengan mudah disini.

3. Magelang

Luas wilayah : 18.12 km2
Jumlah penduduk : 127.784


Magelang adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Terletak di Kabupaten Magelang. Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang - Yogyakarta dan sangat sering dilewati untuk hilir mudik.


2. Mojokerto

Luas wilayah : 16.465 km2
Jumlah penduduk : 112,547




Mojokerto di Jawa Timur, Indonesia. Terletak berdekatan dengan ibu kota jatim, Surabaya. menjadikan mojokerto termasuk strategis dari segi wilayah. ekonominya pun cukup berkembang pesat. sedangkan daerah terkenalnya adalah Alun-alunnya yang berada dipusat kota.


1. Sibolga

Luas : 34.36 km2
Jumlah penduduk : 93 207


Sibolga adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara, Indonesia. sibolga dibobatkan sebagai kota paling kecil se indonesia.

semoga daftar singkat diatas bermanfaat dan membantu anda sekalian dalam menambah wawasan.


2 komentar:

  1. ane protes gan , kenapa Temanggung tidak ada ? padahal itu kab terkecil

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status