Cara Mempercepat Kinerja Komputer Terbaru

Cara Mempercepat Komputer - Komputer sudah menjadi kebutuhan utama saat ini, namun bagaimana jika perangkat komputer/laptop anda lambat dan tidak bekerja maksimal. tentu berbagai pekerjaan dan aktifitas yang menggunakan komputer akan terganggu.artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mempercepat kinerja komputer anda dirumah menjadi lebih cepat lagi.

Bagi anda yang ingin kinerja komputer (PC) maksimal serta tidak lelet alias kencang. mungkin beberapa tips dan trik mempercepat komputer atau laptop yang kami rangkum dibawah ini bisa anda terapkan. step by step cara tweak komputer jadi lebih cepat tidaklah terlalu sulit asalkan anda mengerti sedikit mengenai PC. untuk yang awam tentu butuh bantuan, sedangkan anda yang bisa memegang komputer akan sukses menjalankan tips dibawah ini.

Banyak berbagai cara untuk membuat komputer anda berkinerja lebih cepat dari sebelumnya, tentunya dengan cara yang benar.  mulai dari cara yang simpel hingga agak rumit sehingga membutuhkan keahlian khusus dibidang IT. namun cara dibawah sangatlah mudah dipahami dan merupakan cara terbaru untuk mempercepat komputer yang insya'allah bisa anda kerjakan sendiri. nah penasaran langsung saja ini dia tips dan triknya. . .


Tips Cara Mempercepat Kinerja Komputer :



Matikan/disable indeks services

Indexing Services adalah sebuah program kecil tetapi mengunakan memory computer lumayan besar.
Fungsi Indexing Services adalah melakukan update daftar file computer, tujuannya untuk mempercepat kinerja PC dengan sistem dari pendaftaran index file.jika anda termasuk bukan seorang pelupa dalam menaruh file, fitur ini sebainya dihilangkan saja, Indexing Services dapat dimatikan dengan :Go to Start, Click Settings, Click Control Panel, Double-click Add/Remove Programs, Click the Add/Remove Window, Components, Uncheck the Indexing services, Click Next

Hapus atau uninstall program yang tak terpakai
Meng-uninstall program aplikasi yang tidak berguna sangatlah penting, karena program-program lebih besar memakan space di drive Anda. Bahkan, beberapa program akan selalu aktif dan selalu melakukan update secara otomatis ketika komputer Anda terhubung dengan internet. Jelas ini akan memperlambat kecepatan koputer Anda terutama ketika sedang melakukan browsing, padahal program-program tersebut, tidak Anda gunakan sama sekali. efek dari penghapusan aplikasi yang tidak diperlukan akan sangat terasa langsung pada kecepatak komputer anda. caranya masuk control panel-lalu pilih Program and Features


Mengatur Efek Visual ke posisi Best Performance
Windows menyediakan beberapa efek visual yang menarik termasuk jendela animasi dan menu memudar. Jika Anda tidak memiliki cukup memori RAM lumayan besar sekitar 2 Gb keatas, maka fitur ini bisa saja anda gunakan, namun secara logika efek ini dapat memperlambat komputer Anda. Menyesuaikan atau mengurangi efek visual dapat membuat perbedaan. Untuk mempercepat windows di komputer tertentu Anda dapat menonaktifkan fitur dan fungsi yang tidak digunakan. namun dengan resiko tampilan windows dan desktop anda kurang menarik.


Jangan mamakai widget desktop yang tidak perlu 
Sudah jelas bahwa widget desktop sangat tidak membantu anda dalam efisiensi komputer. seperti jam, atau yang lainnya serta memakai tema-tema komputer yang dapat memberatkan konerja komponen terutama RAM dan CPU komputer. so hilangkan widget dan rasakan peforma yang lebih cepat.

Tutup Program yang tidak digunakan
salah satu cara mempercepat kinerja komputer lainnya ialah dengan menutup program yang tidak Anda gunakan. Karena setiap program yang Anda buka di komputer Anda akan menambah atau memperberat kinerja ram komputer Anda, dan tentunya ini sangat berpengaruh pada kecepatan komputer Anda. Untuk itu, tutup semua program-program, file atau folder yang tidak sedang Anda gunakan. Atau Anda juga dapat menambah kapasitas memory komputer Anda agar kerjanya menjadi lebih ringan.


Matikan Service yang Tidak Perlu.
Sebaiknya service-service tersebut dimatikan caranya masuk My Computer, pilih manage. Lalu expan Service and Application. Pilih yang tidak diperlukan, kemudian pada dropdown box Star Up type pilih Disable.

Matikan Program tidak penting yang berjalan secara otomatis saat Start Up.
Program menggunakan operasi memori (RAM, juga disebut sumber daya sistem). Kecuali Anda selalu menggunakan suatu program, Anda dapat menjaga mereka dari loading pada startup Windows. Tetapi jika jarang digunakan lebih baik non aktifkan saja dari auto start. Caranya adalah klik [Start] lalu pilih [Run] untuk XP lalu ketik msconfig.exe lalu [Enter]. Untuk Vista cukup ketik msconfig lalu [Enter]. Kemudian klik tab [Start Up] dan lihatlah mana saja program yang sangat jarang digunakan hapuslah tanda centangnya.


Menginstal atau menambah kapasitas memory RAM
Menambah memori RAM adalah salah satu cara paling cepat dan efektif untuk mempercepat komputer Anda, pemasangannya pun sangat mudah. namun harga yang harus dikeluarkan bervariasi mulai dari 100 hingga 200 ribu tergantung dari model dan kapasitas memory RAM yang anda beli. Modul memori pasokan random access memory (RAM) untuk program dukungan. Dengan memori lebih, komputer dapat menghabiskan jumlah alloting sedikit waktu sederhana memori untuk semua program itu berjalan.

Optimisme display setting

Dengan menurunkan tingkat animasi gambar pada komputer anda akan mempercepat komputer anda. Windows dengan tampilan desktop yang keren memang menarik, tetapi terlalu banyak gambar dan animasi akan memaka sumber resource system. Untuk mematikannya: masuk, Go to Start, Click Settings, Click Control Panel, Click System, Click Advanced, costume hapus centang pada pilihan berikut (Show shadows under menus,Show shadows under mouse pointer, Show translucent selection rectangle,Use drop shadows for icons labels on the desktop, Use visual styles on windows and buttons, atau terserah pada anda)

Defragment Hard Drive Anda
Semakin banyak informasi dan program yang Anda miliki di komputer Anda, semakin besar kemungkinan bahwa Windows telah menempatkan bagian-bagian file yang sama di lokasi yang berbeda pada hard drive Anda. Ini mungkin melakukan hal ini untuk ratusan file dan program, tergantung pada seberapa banyak ruang yang tersedia. Defragmenting hard drive tempat semua informasi untuk setiap file dalam satu tempat. Hasilnya adalah komputer lebih cepat. anda bisa menggunakan defrag bawaan window yang terletak di 

start menu - all programs - accessories - system tools. atau anda bisa juga mendownload aplikasi defrag pihak ketiga yang lebih baik kemampuannya. aplikasinya banyak tersedia di internet dan gratis.

Melakukan Tweaking dengan bantuan Software
Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer kita. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, Jetcleaner, ASC, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry kita dari kesalahan-kesalahan / Error. Kita dapat mencari sofware - software tersebut dengan cara searhcing di google. kesemua software handal tersebut gratis dan file berukuran sangat kecil sehingga hanya dibutuhkan beberapa menit saja untuk proses downloadnya.

Scan Komputer Anda dari Virus, Spyware dan Adware
Setiap komputer Windows rentan terhadap virus apalagi yang basis Windows XP. Virus adalah program kecil yang jahat yang menyebabkan masalah baik besar dan kecil bagi pengguna. Spyware dan Adware adalah program yang dibuat oleh perusahaan untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang pelanggan. Biasanya program ini tidak dibuat untuk tujuan berbahaya. Spyware dan Adware berada dalam memori komputer dan akan memperlambatnya. Scanning berkala dan penghapusan Virus, Spyware dan Adware merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer.


Ada banyak aplikasi antivirus yang gratis tersedia di internet, mulai dari produk lokal seperti smadav, produk luar yang lebih mumpuni namun tetap gratis adalah avira, avast, avg, dan masih banyak lagi.

Lakukan Disk Cleanup
Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk kita. Caranya adalah My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup

Bersihkan Desktop
Jangan terlalu banyak file berserakan di desktop karena secara signifikan walaupun kecil akan mempengaruhi kinerja komputer. hal ini dikarenakan desktop merupakan drive C yang seharusnya bukan tempat untuk menyimpan data melainkan system.

Bersihkan semua file di Recycle Bin
Anda dapat memulai mempercepat komputer Anda dengan mengosongkan sampah yang telah dibiarkan menumpuk di Recycle Bin (atau Sampah pada Mac). Mengirim sesuatu untuk folder tersebut, yang menyimpan file dihapus, hanya bergerak dari satu lokasi pada hard drive Anda yang lain. Item tetap ukuran yang sama dan membutuhkan jumlah ruang yang sama . Untuk menyingkirkan file tersebut, membuang sampah dengan mengosongkan Recycle Bin atau Sampah.


Nah, itu tadi sedikit cara mengenai tips dan trik mudah untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop anda yang terbaru. simpel dan tidak terlalu susah bukan. silakan anda coba dan lihat hasil yang maksimal dari kinerja laptop anda. anda harus menjalankan tips-tips diatas dengan menyeluruh untuk hasil yang maksimal. teliti langkah demi langkah, bagi anda yang sudah mengerti komputer tentu tidak susah menjalankan tips diatas. sekian dulu artikel kali ini. selamat mencoba . . .


7 komentar:

  1. terimakasih gan untuk tips dan infonya sangat membantu

    BalasHapus
  2. Mungkin maksudnya optimasi mas gan, kalau optimisme itu keyakinan (menurut kamus besar vickynisasi) hehe..
    visit me back @: http://belajarenglish.com

    BalasHapus
  3. nge blog enak kalau komputer nya cepat
    terima kasih info nya gan

    BalasHapus
  4. Thanks Min.

    cobain cara ane juga min
    http://jalantikus.com/pcfaster

    BalasHapus
  5. Wah sangat bermanfaat gan...

    BalasHapus

Trending Topic

100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Terdapat banyak sekali nama nama tokoh penting dari berbagai zaman yang dianggap berjasa besar bagi sejarah hidup manusia, beberapa tokoh t...

Artikel Terbaru

Please Do Not Copy Paste
DMCA.com Protection Status